NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Label Adalah Identitas, Perhatikan Apa Saja yang Harus Dicantumkan
Jan 10th, 2019
GENERAL

Label adalah sebuah alat untuk menyampaikan informasi tentang sebuah produk. Dari label tersebut konsumen akan lebih mengenal dan mengetahui apa saja yang ada dalam sebuah produk. Label juga akan menjadi identitas bagi sebuah produk yang akan membuat orang akan lebih mudah mengenalinya dibandingkan dengan pesaingnya di pasaran.

Jadi bisa dikatakan juga bahwa label sebagai alat untuk branding terhadap sebuah produk agar lebih dikenali dan diingat oleh orang dalam hal ini adalah konsumen. Label adalah identitas dan alat informasi yang akan membuat orang bisa menilai apakah suatu produk lebih bagus dari pesaingnya. Dari sinilah nantinya konsumen akan memutuskan akan membeli produk Anda atau barang dari pesaing.

Sebagai produsen tentunya Anda tidak ingin jika label produk milik Anda gagal meyakinkan orang untuk membelinya. Bisa jadi orang tidak jadi memilih dan membeli barang atau produk Anda hanya karena kurang lengkapnya informasi yang dicantumkan pada label.

Hal-hal Penting yang Harus Ada Dalam Label


Agar kejadian seperti di atas bisa dihindari buatlah label yang mencantumkan secara lengkap informasi penting yang ingin diketahui oleh konsumen. Inilah beberapa informasi pada label yang sebaiknya tidak lupa dicantumkan.

Komposisi (Ingredient) dan Kandungan Bahan

Karena label adalah sarana komunikasi maka dari situlah konsumen mengetahui komposisi apa saja yang ada pada produk tersebut. Selain komposisi atau bahan pembuat produk dalam label juga harus dituliskan apa saja kandungan dari bahan-bahan tersebut.

Misalnya dalam sebuah produk makanan bayi pada label orang akan mencari apa saja bahan yang digunakan misalnya beras, daging, keju dan sebagainya. Setelah itu orang akan melihat kandungan gizi apa yang ada pada komposisi bahan (ingredient) tersebut.

Informasi Tentang Bahan Tambahan

Suatu produk bisa jadi selain menggunakan komposisi bahan utama juga memakai bahan tambahan. Label adalah tempat yang tepat untuk mengetahui apakah suatu produk memiliki kandungan bahan tambahan atau tidak. Sebagai contoh pada produk makanan produk tambahan seperti MSG dan pewarna harus dicantumkan pada label tersebut.

Tanggal Kadaluarsa

Batas sampai kapan suatu produk aman untuk dikonsumsi atau digunakan harus juga dicantumkan dalam label. Label adalah tempat bagi produsen untuk mengingatkan pada konsumen untuk memakai produk tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Mengetahui kapan tanggal kadaluarsa atau Expired Date (ED) adalah hak konsumen yang harus dipenuhi oleh produsen karena berhubungan dengan keamanan dan kesehatan. Sebisa mungkin cantumkan ED di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen dan buatlah dengan tulisan yang jelas.

Legalitas Produk

Dari mana konsumen bisa mengetahui bahwa sebuah produk aman untuk digunakan atau dikonsumsi? Salah satunya adalah dari informasi tentang legalitas produk tersebut yang dicantumkan pada label.

Dengan adanya legalitas dari badan atau dinas yang berwenang menandakan bahwa produk tersebut telah sesuai standar. Legalitas dari BPOM dan MUI adalah contohnya. Label adalah tempat dimana seharusnya informasi tentang legalitas produk tercantum.

Cara dan Peringatan Penggunaan

Jangan lupa untuk mencantumkan juga hal-hal yang berkaitan dengan cara penggunaan atau konsumsi. Mengingat label adalah sarana komunikasi dan informasi produk kepada konsumen jadi harus ada juga bagaimana ara untuk menggunakan atau mengkonsumsinya. Selain itu harus ada juga peringatan penggunaannya, apakah bisa untuk segala usia atau harus dihindari untuk golongan umur tertentu.

Jadikan label pada produk Anda sebagai tempat mencari informasi yang lengkap bagi calon pembeli atau konsumen. Dengan begitu maka mereka akan lebih percaya untuk membeli produk Anda. Untuk pembuatan label berkualitas Anda bisa dapatkan dari PT. ION INDOTEK.