NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Macam-Macam Kertas Label yang Digunakan Saat Mencetak
Jan 3rd, 2019
GENERAL

Kertas label menjadi salah satu produk kertas yang banyak dicari saat ini. Memang banyak keperluan yang menyangkut dengan penggunaan ini. Terlebih lagi saat ingin menggunakan label dalam berbagai bentuk keperluan. Misalnya saja ketika ingin membuat label di undangan. Akan dibutuhkan jenis kertas yang sesuai dengan keinginan dan kualitas yang bagus.

Namun yang terpenting terlebih dahulu diketahui adalah jenis-jenis kertas label itu. Memang kebanyakan sudah mengenal yang namanya kertas label. Meski demikian, tidak sedikit pula yang tidak tau tentang ini. Cukup murah dan fleksibel adalah alasan yang banyak diutarakan mengapa memilih jenis kertas yang satu ini. Selain untuk undangan, biasanya jenis kertas ini juga banyak digunakan untuk keperluan lain.

Jenis Kertas Label Yang Dapat digunakan Untuk Mencetak


Kertas Vinyl

Jenis kertas label pertama yang bisa dipilih adalah kertas Vinyl. Jenis ini juga menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab kertas ini tahan terhadap air, permukaannya glossy dan juga punya tekstur plastik serta lentur dan punya daya tahan terhadap suhu panas dan juga air. Tidak heran jika banyak yang kemudian memilih kertas vinyl ini untuk dijadikan kertas label saat mencetak.

Kertas Yupo

Selanjutnya, yang bisa dipilih adalah kertas Yupo. Kertas ini terbuat dari bahan baku yang sintesis, tahan terhadap minyak, air dan juga bahan kimia lainnya. Banyak yang memilih untuk menggunakannya saat mencetak label karena dinilai tahan dan punya kelebihan berupa daya tahan yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi.

Kertas Gold Foil

Kertas berikutnya yang bisa dijadikan sebagai dasar mencetak label adalah gold foil. Seperti namanya, kertas ini punya warna keemasan yang mana biasanya digunakan untuk objek yang memang dicetak supaya punya warna keemasan. Tetapi, pada kertas jenis ini diharapkan lem yang digunakan secara terpisah dan juga menggunakan lem khusus supaya merekat dengan baik.

Kertas Chrome

Berikutnya, kertas Chrome bisa digunakan untuk kertas label. Biasanya, jenis kertas ini juga biasa digunakan melapisi body kendaraan bermotor. Kertas jenis ini juga mempunyai banyak kelebihan seperti tidak mudah tergores dan juga lecet, mempunyai lapisan kilau atau glitter sehingga bisa membuat bagian tubuh kendaraan menjadi mengkilap.

Kertas Bontax

Selanjutnya, kertas bontax juga bisa dijadikan untuk kertas label yang mempunyai tekstur sebagaimana kertas biasa tetapi punya daya rekat yang baik dan sudah banyak digunakan dalam berbagai bentuk kemasan produk. Tidak heran juga jika banyak yang menggunakan ini sebagai pencetakan label. Tampilan yang dihasilkan juga baik dan mendukung berbagai macam desain label yang akan dibuat.

Kertas  HVS

Berikutnya yang bisa digunakan adalah kertas HVS. Kertas in pada umumnya punya ukuran A4 217X299 cm. Pada umumnya, digunakan untuk pembuatan stiker yang ada pada souvenir dan juga stiker yang ada di dalam ruangan. Namun kelemahan yang ada pada jenis kertas ini ialah daya rekat lem yang masih kurang kuat dan akan lebih mudah untuk mengelupas.

Kertas Oracal

Berikutnya adalah kertas Oracal. Menggunakan jenis ini untuk kertas label memang banyak digunakan. Karakteristiknya memang lentur serta tahan lama dan tidak bisa memantulkan cahaya yang ada serta mempunyai ketahanan warna yang cukup kuat.

Kertas  Scotchlite

Nah, yang terakhir bisa menggunakan kertas Scotchlite untuk kertas label. Daya rekat yang dimiliki oleh kertas ini memang cukup tingi. Ia juga tidak mudah mengelupas dan lapisannya tipis. Kemampuannya juga bisa memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau.

Bicara soal kertas label maka berbicara juga tentang alat pencetakan nya. Hal ini juga bisa menjadi bagian dari dunia usaha seperti percetakan. Untuk itu, diperlukan alat cetak khusus. Nah, sekarang PT ION Indotek hadir menyediakan berbagai produk terbaik. Selain itu, terdapat juga layanan konsultasi yang semakin memudahkan. Untuk itu,  segera cek lebih lanjut disini.