NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Tambah Wawasan dengan Mengetahui Bahan Pembuat Kertas Label Stiker
Nov 5th, 2018
GENERAL

Kertas label stiker dapat menjadi media untuk mencetak merk, logo, bahkan barcode. Stiker biasa ditemukan pada produk, kotak kiriman, kendaraan, dan benda lainnya. Bahan untuk membuat stiker label berbeda-beda. Stiker dapat berfungsi sebagai hiasan, media promosi, penanda, label barang, dan lainnya. Berikut ini akan dibahas bahan untuk mencetak label stiker secara umum.

Bahan Kertas Label Stiker yang Banyak Digunakan



Bahan Vinyl


Ciri dari bahan ini permukaannya berkilau dan licin. Bahan ini tahan terhadap air dan panas matahari. Stiker bahan vinyl dapat dicetak menggunakan cetak sablon, digital printing, dan mesin offset. Stiker ini dapat dibuat dalam ukuran besar. Stiker bahan ini banyak dipakai untuk kampanye, pengenalan produk, promosi, dan lainnya.

Bahan Oracal


Bahan stiker ini lentur dan tidak mengkilap. Warna dasar dari bahan ini ada bermacam-macam, ada juga yang polos ataupun motif. Umumnya stiker bahan ini dipasang untuk pelapis mobil, motor, iklan produk, dan keperluan lainnya.

Bahan Transparan


Seperti namanya kertas label stiker ini bening, sehingga tidak memiliki warna dasar. Bahan ini membuat hasil cetak terlihat bersih dan dapat menonjolkan isi dari stiker. Contoh pemakaian stiker ini, bisa ditemukan pada kaca toko yang menyelenggarakan diskon. Pemakaian bahan ini membuat stiker tidak menutupi permukaan barang.

Bahan Scotlight


Bahan ini permukaannya berkilau dengan warna dasar yang beragam. Kelebihan bahan ini yaitu kerekatannya ketika ditempelkan. Sangat pas untuk media iklan di luar ruangan, karena daya tahan dan kerekatannya yang kuat.

Bahan One Way Vision


Kertas label stiker ini unik karena permukaannya berlubang. Sering dipakai untuk melapisi kaca mobil, media iklan luar ruangan, penutup ruangan berkaca, dan masih banyak lainnya. Ketika stiker berbahan ini dipasang pada ruangan dengan dinding kaca, orang di luar ruangan tidak dapat melihat tembus kaca tapi orang di dalam dapat melihat keluar melalui kaca berstiker.

Bahan Chromo


Chromo terbuat dari bahan kertas dengan permukaan yang licin. Bahan ini mudah rusak dan warna stiker akan luntur jika terkena air, sebab itu tidak bisa ditempel di luar ruangan. Bahan stiker ini banyak digunakan untuk label produk, stiker iklan, dan branding. 

Bahan HVS


Bahan stiker ini dapat dicetak dengan printer inject. Bahan ini tersedia dalam ukuran A4 dan A3. Bahan stiker ini harganya murah sehingga banyak diminati. Kekurangannya adalah bahan ini gampang rusak dan mengelupas. Sehingga hanya bisa dipakai dalam ruangan.

Bahan Yapo


Ketahanan kertas label stiker bahan ini sangatlah bagus, bahan ini tahan terhadap minyak, air, dan bahan kimia tertentu. Karena ketahanan bahan ini cocok untuk stiker yang dipasang di luar ruangan. Bahan ini sering digunakan untuk mencetak barcode dan label.

Bahan Gold Foil


Bahan ini dikenal dengan nama lain yaitu gold leaf, bahan ini dapat memberi efek keemasan pada benda yang ditempelinya. Pemasangan stiker ini membutuhkan lem khusus. Gold foil banyak ditempel di kaligrafi, tembok, pintu, ukiran, dan banyak benda lainnya.

Kertas label stiker dibuat dengan bahan dengan aneka jenis, seperti bahan vinyl, chromo, gold foil, yapo, HVS, one way vision, dan jenis bahan lainnya. Setiap bahan punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang daya rekatnya bagus, ada yang mudah di lepas, ada yang tahan air, dan lain sebagainya. Tiap jenis bahan punya ciri permukaan dan warna dasar yang berbeda-beda.

Perusahaan ION indotek merupakan perusahaan yang menawarkan teknologi AIDC sebagai solusi untuk melakukan identifikasi. Barcode dan RFID adalah salah satu teknologi yang dipakai oleh ION indotek. 

Bermacam produk dari ION indotek yaitu card printers, barcode scanners, barcode printers, dan mobile computers. Informasi lebih lanjut tentang produk dan pembelian dapat dilakukan dengan menghubungi kontak kami.