NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Cari Tahu Fakta Menarik Seputar Scanner : Jenis Dan Keunggulannya
Dec 1st, 2018
AIDC

Penggunaan perangkat scanner memang sudah tidak asing lagi, khususnya di lingkungan kantor. Di zaman yang serba maju ini penggunaan komputeruntuk aktivitas sehari-hari menjadi sangat perlu untuk dilakukan agar dapatmenghemat waktu dan mencapai efisiensi kerja. Bagi Anda yang sering menggunakankomputer tentu sudah sering mendengar tentang perangkat keras pada komputer,bukan?

Perlu diketahui, alat pemindai atau biasa dikenal dengan istilah scannermerupakan sebuah alat dan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagaiperangkat input pada sebuah komputer. Janis alat pemindai di pasaran sangatbermacam-macam yang mana masing-masing jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda.Berikut akan dijelaskan beberapa fakta seputar jenis dan keunggulan alatpemindai ini.

Mengenal Tentang Jenis-Jenis Scanner Beserta Keunggulannya


Scanner Flatbed

Jenis pemindai pertama yaitu bernama flatbed. Mengapa disebut flatbed?Sesuai dengan namanya jenis pemindai yang satu ini memiliki bentuk rata danjuga datar, layaknya tempat tidur. Sebagian dari Anda tentu sudah seringmelihat jenis pemindai yang satu ini. Hal tersebut karena flatbed ini merupakansalah satu jenis pemindai konvensional yang banyak digunakan oleh perusahaanbaik kecil maupun besar.

Lalu apa saja keunggulan yang dimiliki jenis pemindai ini? Ada beberapakelebihan yang dimiliki oleh pemindai flatbed ini antara lain harganyacenderung lebih murah, hemat listrik dan juga daya, hasil scan dari objekterlihat sangat baik, dan satu lagi sangat kompatibel dengan berbagai macamsistem operasi yang terdapat dalam sebuah komputer.

Scanner Drum

Jenis pemindai selanjutnya yaitu bernama drum. Sesuai dengan namanya,jenis pemindai yang satu ini memiliki bentuk seperti drum atau tabung. Banyakorang yang tertarik menggunakan jenis pemindai ini karena sudah terbukti dapatmenghasilkan gambar dan hasil scan dengan resolusinya yang mencapai 24.000 ppi.

Selain itu beberapa keunggulan yang dimiliki pemindai jenis drum iniyaitu mampu melakukan proses scanning atau pemindaian pada dokumen atau objekdatar. Jenis pemindai ini juga minim sekali getaran sehingga hasil scan nya pun tidak perlu mengalami distorsi atau getaran.

Roller Scanner

Selanjutnya yaitu roller scan yang merupakan salah satu jenis pemindaiyang memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis scan flatbed. Jenis scanyang satu ini khusus digunakan untuk scanning sebuah dokumen atau gambar yangsecara fisiknya berbentuk lembaran atau beberapa objek yang mudah sekalidipindai.

Jenis alat scan yang satu ini sangat cocok digunakan dalam sebuah kantorkarena dapat melakukan scanning pada beberapa dokumen dalam satu kali kerja.Bagaimana sangat keren sekali, bukan?

Hand Scan

Sesuai dengan namanya jenis alat scan yang satu ini dapat di aplikasikandengan sangat mudah yaitu hanya dengan menggunakan tangan satu tangan saja.Umumnya jenis scan yang satu ini banyak digunakan sebagai peralatan keamananyang mana untuk mendeteksi dan memindai barang bawaan seseorang.

Keunggulan dari jenis scan yang satu ini yaitu sangat mudah dan praktisuntuk digunakan. Selain itu harganya pun masih cukup murah dan terjangkaudibandingkan dengan jenis alat pemindai yang sudah disebutkan sebelumnya.

Salah satu rekomendasi tempat yang menawarkan perangkat scanner yangberkualitas adalah PT ION Indotek. Di sini Anda akan menemukan berbagai macamkebutuhan penunjang bisnis atau usaha Anda seperti mesin pemindai, teknologibarcode, RFID dan masih banyak lagi. Pastikan jangan sampai salah pilih ya!Informasi lengkapnya cek disini