NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

3 Cara Membuat Barcode Mudah Menggunakan Android dan Laptop
Feb 5th, 2019
AIDC

Barcode merupakan sebuah pola yang berbentuk vertikal atau kota. Barcode memiliki fungsi untuk melacak suatu barang, baik itu tipe barang maupun harga barang. Barcode memiliki 2 jenis yaitu barcode produk universal dan barcode internasional standar book number. Untuk barcode universal biasanya telah memiliki lisensi dari lembaga resmi guna memvalidasi agar produk atau barang bisa di jual ke pasar internasional.

Barcode pada awalnya diciptakan guna melacak keberadaan kereta api saja, namun seiring perkembangan zaman kini sering digunakan di berbagai toko untuk melacak keberadaan berbagai barang dagangan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, cara membuat barcode bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Hanya menggunakan android atau laptop, kamu sudah bisa membuat barcode.

Cara Membuat Barcode Menggunakan Android dan Laptop

Membuat Barcode Menggunakan iOs atau Online

Membuat barcode secara online ini biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Hal ini karena barcode bisa digunakan sebagai kode identifikasi resmi. Cara membuat barcode ini yang pertama yaitu membuat nomor identifikasi resmi UPC atau ISBN untuk produk yang akan diberi barcode. Untuk membuat nomor UPC atau ISBN ini angka awalnya harus sama, namun pada beberapa digit terakhir harus berbeda.

Jika kamu akan membuat barcode ini, kamu bisa masuk link gs1us.org untuk mendapatkan UPC. Setelah memasukkan data produk barang dan rinciannya yang akan diberi barcode, maka kode UPC akan keluar. Sedangkan untuk ISBN, cara membuat barcode ini harus masuk ke dalam link ISBN.org. di dalam situs tersebut kamu bisa meminta nomor ISBN dari organisasi bernama browker.

Membuat Barcode untuk Barang-barang Pribadi

Cara membuat barcode juga bisa digunakan untuk barang-barang pribadi. Kamu juga bisa membuatnya yaitu dengan cara masuk ke dalam situs CreateBarcodes.com. Setelah itu ikutilah wizard barcode digital dan tetapkan nomor seri untuk setiap barang yang akan diberikan barcode pribadi. Jika sudah maka selesai pembuatan barcode dan barcode telah siap ditempel.

Cara Membuat Barcode Menggunakan Android

Selain melalui jaringan online di komputer atau laptop, cara membuat barcode juga bisa dilakukan menggunakan android. Cara membuat barcode ini harus menggunakan aplikasi. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu, kamu harus mengunduh aplikasi Barcode Generator. Di dalam aplikasi tersebut sudah disediakan cara pembuatan barcode yang cukup lengkap.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut tersedia secara gratis sehingga memudahkan setiap penggunanya. Aplikasi Barcode Generator bahkan sudah dilengkapi dengan pilihan tipe barcode dari Codabar hingga pilihan Data Matrix. Setelah selesai mengunduh, bukalah aplikasi tersebut dan klik create barcode. Cara membuat barcode akan menuntun untuk klik Add Code kemudian memilih tipe barcode.

Isilah semua informasi yang dibutuhkan atau yang disediakan oleh aplikasi tersebut. jika sudah, klik centang pada pojok atas kanan layar. Setelah itu akan muncul preview barcode sesuai dengan yang kamu isi. Klik save jika sudah setuju kemudian export ketika akan menyimpan ke dalam memori android kamu.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat barcode sendiri? Jika anda sudah membuat barcode, ada kalanya anda membutuhkan barcode yang banyak untuk menandai produk-produk anda. Anda mungkin membutuhkan alat yang dapat mencetak barcode  dengan cepat dan tepat.

Alat yang tepat itu dapat anda temukan disini . Kami menyediakan purna jual sebelum dan sesudah penjualan sehingga anda dapat konsultasikan terlebih dahulu alat cetak barcode yang anda butuhkan.