NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Perhatikan Kriteria Ini Saat Memilih Aplikasi Stok Barang
Feb 12th, 2019
AIDC

Aplikasi stok barang memang dirasa sangat perlu karena bisa membantu dalam hal stok barang. Mengetahui ketersediaan barang secara jelas akan menjaga keseimbangan kebutuhan barang. Jika memang stok sudah menipis, penyediaan barang perlu dilakukan segera. Namun sebaliknya jika stok barang masih banyak, tentu perlu dihindari pemasukan barang yang berlebihan.

Menjaga keseimbangan pembelian barang ini tentu tidak terlepas dari stok yang ada. Perlu diperkirakan berapa banyak barang yang dibutuhkan untuk dilakukan lagi pemenuhan ketersediaannya. Barang yang ingin ditambah persediaannya pun harus diperhatikan jenis dan derasnya arus pembelian terhadap barang tersebut. Jika memang barang yang bisa bertahan lama, maka penstokan bisa lebih awal.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aplikasi Stok Barang


Perhatikan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memperhatikan aplikasi stok barang adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan aplikasi ini tentu saja hanya dibutuhkan saat pengelolaan barang dirasa ingin dibantu. Kesulitan dalam manajemen inventaris barang adalah alasan terbesar perlunya aplikasi ini. selain itu, aplikasi dengan fitur seperti apa yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan dalam beberapa kebutuhan, perlu adanya pemantauan pengiriman barang yang dilakukan. Bukan hanya sekadar kebutuhan barang di toko. Selain itu, mengetahui berbagai tantangan yang sering hadapi dalam mengelola inventaris dan bentuk  solusi yang diharapkan adalah bagian dari upaya memperhatikan kebutuhan sebuah usaha.

Harga

Selanjutnya yang kedua adalah terkait dengan harga aplikasi stok barang. Tentu saja ini dibutuhkan sesuai dengan seberapa banyak dan juga kompleks kebutuhan bantuan sebuah aplikasi. Sebaiknya memang dilakukan terlebih dahulu riset tentang harga tersebut di pasaran. Dengan demikian, maka bisa diputuskan  apakah harga yang sudah ditawarkan terlalu mahal atau sudah cocok.

Kondisi keuangan Sebelum memutuskan untuk membeli software, Anda juga perlu memastikan bahwa keuangan bisnis sudah mencukupi dan stabil. Agar bisa merencanakan hal tersebut, maka melakukan pengecekan budget dan pertanyakan sekali lagi pada diri Anda, apakah memang sudah seharusnya pembelian aplikasi stok barang perlu dilakukan saat itu.

Kemudahan Implementasi dan Penggunaan

Kemudahan implementasi ini merupakan faktor yang memang sering dinomorduakan oleh pemilik usaha maupun bisnis. Padahal, keefektifan dari aplikasi stok barang akan menentukan seberapa besar sebuah aplikasi dapat membantu. Karena jika dilihat dari awal fungsinya adalah mempermudah. Jangan sampai karena kesulitan penggunaan, semuanya menjadi berantakan.

Sesuatu yang mudah diaplikasikan adalah pilihan yang tepat.  Uji coba terhadap aplikasi stok barang memang perlu dilakukan supaya benar-benar bisa memastikan seberapa mudahnya pengaplikasiannya. Uji coba ini harus dilakukan di awal dan perlu adanya petunjuk khusus. Dibutuhkan waktu untuk memahaminya secara khusus. Hal tersebut memang sudah lumrah karena memang sebaiknya dilakukan.

Terlepas dari itu semua, menggunakan jasa aplikasi untuk mendata barang anda memiliki berbagai kendala misalnya ketika aplikasi lemot, tidak akurat, atau ngehang mendadak. Tentu hal ini dapat mengganggu usaha anda. Ada baiknya jika anda mulai memikirkan untuk menginput stok barang anda menggunakan AIDC  (Automatic Identification Data Capture) dengan peralatan khusus dibanding menggunakan aplikasi konvensional. Dengan begitu pekerjaan anda dapat selesai lebih cepat dan mengurangi resiko kesalahan.

Jika anda ingin tahu lebih banyak mengenai AIDC anda dapat click disini. Untuk peralatan AIDC yang anda butuhkan, anda dapat konsultasikan kepada PT ION Indotek, perusahaan yang berada pada bidang penyedia sistem AIDC ditempat anda. Dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada teknisi yang terpercaya, anda dapat memiiki peralatan yang sesuai dengan kebutuhan sehingga budget yang dikeluarkan turut sesuai. Selain itu PT ION Indotek juga memberikan service konsultasi setelah penjualan sehingga dipastikan karyawan dapat menggunakan peralatan dengan tepat. Hubungi PT ION Indotek disini.