NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Seputar Provider EDC
Jan 5th, 2019
GENERAL

Provider EDC menjadi salah satu yang paling banyak dicari saat ini. EDC (Electronic Data Capture) tentu akan memudahkan banyak hal. Kemunculannya memang mengarah pada hal yang bisa memberikan kepraktisan saat melakukan transaksi tarik tunai. Biasanya ini bisa ditemukan di minimarket terdekat. Pada umumnya, dengan batas belanja senilai 20 ribu saja sudah bisa menggunakan layanan ini.

Hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa zaman memang mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai kemudahan dalam bertransaksi sudah menjadi ciri khasnya. Namun perlu diketahui bahwa mesin EDC ini bukan hanya digunakan sebagai alat yang bisa tarik tunai saja melainkan juga untuk transaksi seperti pembayaran tol, pembayaran belanja, listrik, tiket pesawat dan masih banyak lagi lainnya. 

Berbagai Hal yang Berkaitan Dengan Electronic Data Capture


Prinsip Kerja Mesin EDC

Hal pertama yang perlu dibahas adalah terkait dengan prinsip kerjanya. Dengan adanya EDC ini, maka otomatis akan terbantu dalam hal bertransaksi untuk memakai kartu e-money atau kartu kredit ataupun kartu debit di toko. Mesin EDC ini pada umumnya berbentuk besar dan lebih sering berwarna biru.  Tombol dan kabel serta layar kecil biasanya terletak di atas meja kasir yang ada di minimarket.

Tidak hanya bisa ditemukan di tempat itu, melainkan mesin EDC juga bisa ditemukan pada gerbang tol otomatis. Biasanya,  provider EDC sudah melakukan pengaturan sedemikian rupa sehingga penggunaannya bisa dengan mudah menempelkan kartu di tempat yang sudah disediakan. Maka secara otomatis gerbang tol akan terbuka dengan sendirinya.

Cara Menggunakan Mesin EDC

Biasanya cara menggunakan EDC ini akan secara lengkap dijelaskan oleh provider EDC. Memang harus diketahui prosedur yang bena dalam menggunakannya supaya tidak terjadi kesalahan. Adapun cara menggunakan mesin EDC ini memang sangat mudah sebab menu ini sudah terdapat pilihan bahasa inggris yang lebih mudah di mengerti.

Bukan hanya itu, sebab pada saat  pemasangan, pihak teknisi juga turut memberikan training ataupun memberikan penjelasan tentang bagaimana cara penggunaannya. Bahkan kunjungan rutin setiap beberapa bulannya pun akan turut dilakukan.  Pihak provider EDC juga akan melakukan  pengecekan atau yang biasa disebut dengan  maintenance.

Mekanisme Menggosok Kartu Pada Mesin EDC

Mekanisme ini juga merupakan salah satu hal yang akan dijelaskan oleh pihak provider EDC karena memang sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu langkah pertama yang dilakukan adalah membawa kartu ke kasir. Selanjutnya, kasir akan memasukkan jumlah uang yang dibayarkan. Selanjutnya kasi akan meminta untuk mengentrikan nomor pin.  

Kemudian kartu yang digesek pada mesin, apabila transaksi berhasil, selanjutnya akan keluar struk sebagai bukti transaksi dari mesin EDC tersebut. Kasir selanjutnya akan meminta untuk membubuhkan tanda tangan pada struk transaksi yang baru saja keluar. Saat penggesekan berhasil, maka saldo rekening otomatis akan terpotong ataupun tagihan akan semakin bertambah untuk kartu kredit.

Error Mesin EDC

Sekarang ini, kartu sudah menggunakan Chip untuk menghindari terjadinya skimming. Memang sering kali dalam praktiknya ketika sedang bertransaksi error sering muncul. Namun, hal ini tidak perlu membuat panik.  Jangan pula menduga bahwa itu adalah skimming. Pelajarilah dengan seksama error yang terkadang muncul tersebut. Biasanya, provider EDC turut menjelaskan hal ini.

Salah satu error yang sering terjadi adalah timbulnya tulisan “please try again”. Hal Ini biasanya disebabkan oleh line telepon, reveral, sinyal GPRS yang jelek.  Cara mengatasinya juga tinggal melakukan restart saja pada mesin EDC.

Ketika berbicara soal provider EDC tidak lengkap jika tidak membahas tentang solusi untuk sistem identifikasi otomatis yang tentu saja sangat dibutuhkan sekarang ini. Nah, untuk itu pilihan tepatnya ada di PT ION Indotek. Kami hadir sebagai solusi lengkap sistem Identifikasi otomatis yang efektif dan efisien. Produk terlengkap juga bisa ditemukan disini. Info selengkapnya ada disini.