NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

5 Cara Pintar Menghemat Tinta Printer
Jan 20th, 2019
AIDC

Mesin printer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan. Tidak heran jika sekarang ini semakin banyak jenis printer yang mengusung fitur lengkap namun harganya terbilang murah. Sementara itu ada aspek lain yang membuat pengeluaran tetap saja bertambah terutama yang berhubungan dengan mesin printer yakni tinta printer.

Meski harga mesin printer menjadi relatif murah, namun penggunaan tinta printer yang semakin meningkat untuk menyeimbangi kinerja printer sekarang ini cukup membuat kepala pening. Banyak pengguna yang mencoba mencari solusi agar penggunaan tinta printer tidak boros. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk menghemat tinta printer.

Cara Untuk Menghemat Tinta Printer


Untuk bisa mengatasi penggunaan tinta printer yang boros memang harus ada usaha yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghemat tinta printer.

1.    Perhatikan Mode Ekonomis Pada Mesin Printer

Mesin printer sekarang ini sudah dirancang memiliki kecanggihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan tinta adalah mode economy. Mode ini sudah ada di sebagian besar mesin printer. Meski kualitas hasilnya tidak beresolusi tinggi namun ini bisa membantu menghemat tinta.

2.     Jangan Berulang-ulang Menghidupkan Mesin Printer

Hindari mematikan dan menyalakan mesin printer berulang-ulang. Jika akan menggunakan printer lagi dalam waktu dekat setelah sebelumnya sudah mencetak dokumen, lebih baik biarkan printer tetap menyala. Hal ini karena mesin printer akan menggunakan tinta lebih sedikit saat inisialisasi saat posisi mesin printer menyala.

3.     Mode Black-only

Saat akan mencetak dokumen berwarna hitam-putih pastikan untuk mengaktifkan mesin printer pada mode black-only. Meski dokumen yang dicetak berwarna hitam namun mode ini tidak aktif, sebagian besar mesin printer akan tetap mencampurkan warna untuk menghasilkan warna hitam tersebut. Hal ini akan membuat tinta warna cepat habis meski tidak mencetak dokumen berwarna.

4.     Goyangkan Katrid

Jika katrid sudah pada kondisi low keluarkan katrid lalu goyangkan lalu pasang kembali. Tidak perlu langsung membeli katrid baru atau mengisi ulang katrid. Dengan menggoyangkan katrid masih sisa tinta yang ada di dalam bisa digunakan untuk mencetak beberapa halaman yang lumayan untuk menghemat penggunaan tinta.

5.     Software Penghemat Tinta

Di era digital seperti sekarang ini pasti ada software yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan tinta printer. Mungkin memang belum cukup banyak namun ada beberapa perusahaan yang meluncurkan software untuk menghemat tinta printer. Biasanya cara kerja software tersebut bertugas memaksimalkan data printer untuk mengurangi penggunaan tinta meski dokumen yang dicetak beresolusi tinggi.

Jika bisa melakukan penghematan meski itu tinta printer, mengapa tidak dicoba? Tidak ada salahnya bukan berhemat? Jika berbicara mengenai printer, ada salah satu perusahaan yang menyediakan Printer ID Card dengan harga terjangkau. Di sini Anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga serta layanan yang memuaskan.

PT ION Indotek adalah perusahaan yang berdiri dan berkarya di bidang solusi AIDC dengan teknologi RFID. Di sini menyediakan printer Id Card yang lengkap, berkualitas, namun tetap terjangkau harganya. Beragam merk mesin printer Id Card yang berkualitas dan terpercaya.

Temukan printer Id Card yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di sini. Silahkan kunjungi website resminya disini Nikmati juga produk dan layanan terbaik yang sudah menanti Anda.