NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Printer Kasir
Feb 9th, 2019
POS

Printer kasir sudah menjadi peralatan penting dalam dunia usaha saat ini. Kebutuhan praktis untuk mencetak struk belanja adalah alasan digunakannya printer ini. Penghematan waktu dan kemudahan pencatatan nominal belanja akan didapatkan dengan penggunaan printer kasir. Namun, masih banyak dari mereka yang akan memulai usaha merasa bingung bagaimana memilih printer kasir.

Untuk itu, pengusaha yang akan membuka usahanya harus paham betul terlebih dahulu seberapa penting penggunaan printer kasir dalam usahanya. Jangan sampai, penggunaannya tidak begitu diperlukan namun sudah mengalokasikan dana untuknya. Hal ini tentu akan terasa sia-sia karena akan membuat budget secara percuma. Untuk itulah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilihnya.

Berbagai Hal yang Diperhatikan Saat Memilih Printer Kasir Berkualitas


Memilih Jenis Printer

Perlu diketahui bahwa printer juga memiliki ragam jenis. Pertama, ada printer jenis dot/ matrix yang mana dalam mencetak struk digunakan kertas dalam bentuk gulungan (roll) atau kertas rangkap dua sehingga bisa dikatakan lebih cocok digunakan untuk kasir. Sebagaimana yang diketahui, ketika antrian kasir panjang maupun tidak, tentu akan sangat repot jika harus memasukkan kertas berulang.

Dengan menggunakan printer jenis dot/ matrix ini, maka petugas kasir tidak perlu lagi memasukkan kertas secara berulang. Apalagi panjang struk bisa menyesuaikan dengan panjang maupun pendeknya rincian belanja setiap konsumen. Bisa dibayangkan betapa repotnya jika menggunakan printer kasir sama dengan printer pada umumnya yang harus memasukkan kertas secara terpisah-pisah.

Kecepatan Cetak

Tidak menjadi rahasia lagi bahwa permasalahan yang sering  muncul adalah antrian yang begitu panjang sehingga waktu yang dibutuhkan oleh konsumen untuk menghitung belanjaannya semakin lama. Untuk itu, diperlukan printer kasir yang betul-betul bisa mencetak dengan kecepatan tinggi. Pilihan yang tepat memang jatuh kepada jenis printer dot/matrix.

Jika dirata-rata, per detiknya, printer ini bisa mencetak hingga 4,5 baris. Dengan demikian, maka permasalahan antrian yang panjang tidak begitu menyulitkan, baik itu bagi kasir maupun konsumen yang sedang mengantri.

Memperhatikan Keunggulan dari Masing-Masing Jenis Printer

Selanjutnya adalah memperhatikan keunggulan pada masing-masing jenis printer kasir. Perlu diketahui bahwa ada satu jenis printer kasir lagi yaitu printer thermal. Printer yang satu ini memang bisa dikatakan lebih unggul dalam hal teknologi karena sudah menggunakan direct thermal. Ketika proses pencetakan struk, maka suara yang dihasilkan pun sangat minim. Jelas, printer ini memang menjadi pilihan terbaik.

Untuk printer kasir sendiri memang bukan hanya digunakan untuk usaha seperti supermarket atau minimarket saja, melainkan juga institusi seperti perbankan, layanan-layanan yang memakai sistem antrian dan masih banyak lagi. Untuk itu, jelas bahwa printer ini cukup diminati oleh siapa saja yang melibatkan diri dalam dunia usaha.

Berbicara mengenai printer kasir, tentu saja tidak terlepas dari yang namanya AIDC (Automatic Identification Data Capture) yang sudah bisa memanfaatkan sistem barcode dan scanner dan juga POS (Point of Sale) untuk pencatatan transaksi anda. Ketika Anda memilih untuk membuka usaha baru yang memerlukan alat cetak struk belanjaan, maka yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa produk yang dipilih sudah tepat dan sesuai dengan sistem POS dan AIDC yang sesuai dengan sistem usaha anda.

Lantas, dimana bisa mendapatkan produk yang tepat? Anda dapat konsultasikan pada teknisi terpercaya di PT ION Indotek. Hubungi PT ION Indotek disini .