NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Yuk Ketahui Manfaat Point Of Sale Di Dunia Bisnis
Dec 8th, 2018
POS

Dalam dunia bisnis, keberadaan point of sale (POS) tentunya bukan nama yang asing. POS merupakan suatu sistem yang seringkali dimanfaatkan oleh seorang atau sekelompok pengelola usaha. POS dinilai dapat mempermudah proses transaksi dan berbisnis karena memilki beberapa fungsi. Selain mempermudah transaksi, POS dinilai aman dan efisien.

POS adalah sebuah sistem khusus dalam dunia bisnis yang memanfaatkan perangkat hardware (peralatan atau perangkat keras) dan software (program). Dua komponen tersebut digunakan secara bersamaan guna membantu proses transaksi di suatu perusahaan. Berikut ini adalah manfaat menggunakan point of sale dalam dunia bisnis. Yuk simak!

Manfaat Point of Sale Dalam Dunia Bisnis


Program Lebih Fleksibel

Manfaat atau kelebihan pertama yang dimiliki oleh point of sale dibandingkan cash register adalah memiliki program yang lebih fleksibel ketika digunakan. Program yang dimaksud adalah program yang digunakan oleh perusahaan tersebut. 

Mampu Memberikan Laporan Lengkap

Selain fleksibel, POS banyak memberikan kemudahan lainnya dalam dunia bisnis seperti dalam hal laporan penjualan perusahaan. Laporan yang diberikan dinilai lebih lengkap, detail, dan tertata rapi. Hal ini dikarenakan fitur canggih yang dimiliki POS sehingga dinilai lebih baik daripada pencatatan secara manual.

Selain mampu memberikan laporan secara lengkap dan detail, Anda juga dapat meminta laporan dalam kurun waktu tertentu dengan sangat mudah. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam memantau perkembangan penjualan atau bisnis perusahaan.

Manajemen Stok Barang

Point of sale dapat membantu Anda dalam memberikan laporan terkait ketersediaan barang. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam mengawasi jalan masuk dan keluar suatu produk bisnis tersebut.

Laporan produk dapat membantu Anda mengetahui kategori produk atau barang yang paling cepat habis atau paling dicari pembeli sehingga Anda bisa memperkirakan untuk memproduksi atau membeli barang kembali. 

Strategi Promosi Produk

Point of sale memungkinkan adanya strategi promosi yang menguntungkan produsen, contohnya memberikan bonus belanja setelah berbelanja sekian kali. Penerapan poin bisa didapatkan pelanggan dengan menggunakan fitur POS menggunakan syarat pembelian produk dengan jumlah nominal tertentu.

Poin yang diperoleh pelanggan dapat ditukarkan dengan produk atau nominal uang tertentu. Hal tersebut merupakan strategi promosi atau inovasi untuk meningkatkan motivasi konsumen produk untuk membeli produk Anda. Anda tentunya semakin mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

Sistem Keamanan yang Nyaman

Sistem pembayaran yang umumnya digunakan dalam point of sale yaitu digital payment berupa kartu kredit, internet banking, dan dompet elektronik. Dengan menggunakan digital payment, tentu saja dikembangkan sistem keamanan untuk membuat pelanggan nyaman dalam bertransaksi.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh sistem untuk berintegrasi dengan sistem lain, contohnya pemberitahuan mengenai password atau data yang lain melalui pesan singkat smartphone atau melalui e-mail. Anda bisa mendapatkan sistem barcode scanner, struck atau bukti pembelian digital, dan sistem lainnya. Tentunya hal ini sangat mempermudah bisnis Anda, bukan?

Pelacakan Karyawan

Point of sale memiliki kode identifikasi unik yang diberikan kepada karyawan. Anda dapat memantau perkembangan karyawan terkait penjualan produk serta memberikan motivasi apabila dirasa mempengaruhi kerja di perusahaan.

POS sangat membantu dalam bertransaksi, bukan? Bagi Anda yang ingin memilki POS, kunjungi PT. ION INDOTEK. Perusahaan yang bergerak dalam hal AIDC (Automatic Identification and Data Capture) mampu memberikan pelayanan dan konsultasi maksimal terkait masalah pra dan pasca penjualan. Kunjungi laman PT. ION INDOTEK disini  terkait point of sale.