NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Trik Membuat Kertas Label Kemasan yang Menarik
Mar 3rd, 2019
GENERAL

Label pada suatu produk merupakan hal yang sangat penting dan seharusnya memang ada. Mengapa demikian? Karena label memuat informasi penting yang berkaitan dengan produk tersebut. Kertas label yang ada pada kemasan sebuah produk biasanya akan berisi tentang bahan pembuat, kandungan,kegunaan, tanggal produksi dan beberapa info penting lainnya.

Terutama pada kemasan produk makanan keberadaan label sangatlah dibutuhkan karena akan memuat nilai gizi dan juga tanggal kadaluarsa. Disamping untuk memuat informasi penting mengenai sebuah produk ternyata kertas label pada kemasan juga bisa mempengaruhi persepsi calon pembeli. Banyak konsumen yang akhirnya membeli produk hanya karena tertarik dengan desain label pada kemasannya saja.

Tentunya ini merupakan celah yang bisa digunakan dengan baik bagi mereka yang pandai membuat desain yang bagus. Di tengah tingkat persaingan yang tinggi bisa menjual produk lebih banyak melalui desain label yang menarik tentunya bisa dicoba dilakukan. Bagaimana agar kita bisa membuat kertas label pada kemasan yang menarik minat para calon pembeli? Simak caranya seperti dibawah ini.

Cara Membuat Label Kemasan yang Menarik


Warna yang Mudah Dibaca

Produk Anda tidak sendirian saat berada di rak etalase minimarket atau swalayan sehingga harus mudah dikenali jika ingin menarik perhatian. Buatlah label dengan warna baik pada kemasan atau huruf yang bisa langsung terlihat oleh matadari jarak jauh.

Dengan begitu meskipun produk-produk sejenis dari pesaing ada di kana kiri namun produk Anda akan lebih diperhatikan orang. Mungkin selama ini Anda belum mengetahui bahwa warna dari kertas label dan huruf pada kemasan sangat mempengaruhi tingkat perhatian orang secara psikologis.

Sesuaikan Label Dengan Bentuk Kemasan Produk

Bentuk kemasan produk ada bermacam-macam seperti kotak, oval, persegi dan lain sebagainya. Agar bisa menarik calon pembeli maka buatlah kertas label yang sesuai dengan bentuk dari kemasan produk tersebut.

Kesesuaian bentuk ini akan menciptakan sebuah harmonisasi yang bagus dan enak dilihat. Sebagai contoh jika kemasan produk yang digunakan transparan atau tembus pandang sebaiknya label dibuat kecil saja agar tidak menutupi produk didalamnya.

Buat yang Unik dan Identik

Untuk bisa lebih mudah diingat oleh orang lain sebuah produk sebaiknya memiliki identitas. Dalam hal ini bisa menggunakan label kemasan yang mewakili ciri khasdari merk produk Anda.

Buatlah kertas label pada kemasan produk dengan keunikan tersendiri sehingga akan berbeda dengan produk sejenisnya. Sesuatu yang berbeda biasanya akan jauh lebih mudah diingat daripada yang cenderung sama dan seragam.

Lakukan Survey Pada Calon Konsumen

Survey dilakukan untuk bisa mengetahui dan memperkirakan sebenarnya apa yang sedang menjadi tren dan digemari oleh banyak orang saat ini. Bisa saja kita merasa bahwa kertas label pada produk kita sudah unik dan berbeda tetapi ternyata tidak sesuai dengan trending saat ini. Tentu saja hal tersebut akan membuat hasilnya tidak sesuai dengan harapan karena gagal menarik minat orang untuk membelinya.

Sesuaikan Dengan Target Usia dari Market

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah siapa yang menjadi target market dari produk tersebut. Apakah anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, laki-laki atau perempuan. Karena percuma kita membuat label yang menarik tetapi tidak sesuai dengan target pasar yang disasar oleh produk. Jadi buatlah kertas label kemasan yang memiliki kesesuaian dengan kelompok usia dari target market produk tersebut.

Membuat kertas label untuk produk anda sudah dilakukan. Jangan lupa untuk mencetaknya dengan mesin yang tepat. Salah-salah, label yang dicetak dapat berbeda dari desain yang telah dibuat di komputer. Pilih alat yang tepat, anda dapat berkunjung ke situs kami dengan klik disini untuk mencari alat cetak yang sesuai. Atau hubungi teknisi berpengalaman kami disini untuk mendapatkan referensi alat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.