NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis Anda
Nov 11th, 2018
POS
Aplikasi kasir online adalah alternatif terbaru agar dapat ikut berkembang ke era yang lebih canggih bagi para pengusaha. Bagaimanapun juga, demam teknologi sudah menjarah seluruh pasar dan menuntut orang-orang menggunakan kemajuannya. 

Karena peralihan yang mendadak tersebut, maka wajar jika beberapa orang tertatih-tatih dalam mengikuti perkembangan, apalagi jika mereka sangat kolot dengan cara tradisional. Maka dari itu, permasalahan dalam menentukan alat bantu untuk para pelaku bisnis dalam  meningkatkan pelayanan, terasa sangat sulit. 

Selain karena mereka belum terbiasa, aplikasi ini juga memiliki banyak versi sehingga kerap membuat orang bingung. Karena itu, bagi Anda yang menginginkan alat ini, maka ada beberapa cara yang bisa digunakan agar mendapatkan aplikasi yang berkualitas dan baik.

Cara Memilih Aplikasi Kasir Online




Memastikan Adanya Kebutuhan Akan Hardware yang Lain


Beberapa sistem kasir online, rupanya membutuhkan perangkat keras tersendiri sebagai pelengkap dan pengoperasiannya. Sementara beberapa aplikasi yang lain sudah bisa digunakan hanya dengan terhubung pada i-pad atau laptop pribadi. 

Karena itu, jika Anda memilih aplikasi kasir online dengan hardware lain, maka Anda perlu merincinya dengan cermat dan menyertakan jumlahnya sebelum mulai menyiapkan.
Harga

Meninjau harga adalah cara yang wajib dilakukan bagi Anda yang baru mengenal sistem kasir online ini. Karena sebelumnya, sistem kasir yang canggih tersebut pernah dipatok dengan harga tinggi sehingga berat digunakan untuk pebisnis dengan sekala kecil. 

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, aplikasi kasir online mulai berkembang dan muncul dengan banyak varian harga yang bisa dijangkau bagi para pebisnis berskala sedang maupun kecil. Karena variasi tersebut, maka muncul juga spesifikasi dan fitur-fitur tertentu yang diseimbangkan dengan harganya sehingga kualitas pun mengikuti.
Maka dari itu, Anda perlu jeli dan mencari banyak referensi dalam mempertimbangkan harga dan kualitas barang saat memilih aplikasi ini. Karena ada banyak pula, harga aplikasi yang dipatok mahal namun dengan kualitas yang sebenarnya biasa saja.

Mudah Digunakan


Karena awalnya aplikasi kasir online ini dibuat untuk memudahkan para pebisnis, maka perlu memilih aplikasi dengan fitur, tampilan dan desain yang mudah digunakan. Alangkah baiknya juga, jika aplikasi ini bisa diproses dan diatur ulang secara mandiri oleh Anda atau karyawan Anda nanti. Apalagi jika yang akan menggunakannya tidak hanya satu orang, tetapi beberapa orang secara bergantian.

Keamanan dan Garansi


Anda sangat perlu memilih aplikasi kasir online dengan tingkat keamanan yang baik, karena dalam bisnis jual-beli seperti ini rentan terhadap pencurian nominal. Untuk ini, penting bagi Anda memilih fitur jalur audit yang memungkinkan Anda untuk melacak permasalahan selama proses penggunaan aplikasi.

Selanjutnya, Anda juga perlu memilih aplikasi yang menyertakan garansi dalam transaksi pembeliannya. Karena aplikasi ini berupa software yang tidak berbentuk, maka garansi tersebut bisa berwujud berupa update saat software mendekati masa expired. 

Jadi Anda perlu memperhatikan, apakah layanan update ini ada atau tidak, karena jika selama penggunaan aplikasi mengalami error, maka penjualan Anda juga akan error.

Review Sesama Pebisnis


Anda sebaiknya memilih aplikasi kasir online yang memiliki review dari pengguna lain, karena hal ini bisa menentukan apakah aplikasi tersebut adalah terpopuler dan terpercaya. Selain itu, review dari pengguna lain juga akan memberikan wawasan tambahan mengenai versi-versi lainnya yang recommended.

Nah, itulah bagaimana cara memilih aplikasi kasir online bagi Anda yang belum terbiasa menggunakannya. Kami adalah PT ION Indotek yang bergerak di bidang solusi Automatic Identification and Data capture yang menggunakan teknologi barcode pada sistem kasir online, siap menawarkan layanan dan solusi lengkap mengenai sistem ini untuk mendukung penjualan Anda.