NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Agar Omzet Bertambah
Jan 9th, 2019
POS

Sebagai manusia kita memang tidak bisa menghindari kemajuan jaman dan inovasi teknologi. Yang bisa kita lakukan adalah mengikuti perkembangan tersebut dan memanfaatkannya dengan baik untuk memudahkan pekerjaan kita. Aplikasi kasir online adalah Contoh dari hasil inovasi teknologi yang akan sangat membantu memudahkan pekerjaan.

Adanya aplikasi tersebut akan membuat semuanya lebih praktis karena kita tidak membutuhkan lagi komputer atau mesin penghitung untuk bisnis kita. Sistem yang dilakukan pada aplikasi kasir online adalah POS atau Point of Sales. Sedangkan untuk mengoperasikan bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat gadget seperti telepon pintar dan tablet.

Meskipun namanya aplikasi kasir tetapi teknologi tersebut bukan hanya digunakan sebagai pencatat transaksi saja melainkan juga bisa dipakai untuk mengurus banyak hal dalam usaha Anda. sebagai contoh Anda bisa melihat stok barang dan juga laporan penjualan. Aplikasi ini juga akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sudah memiliki beberapa cabang usaha.

Karena aplikasi kasir online memiliki banyak fungsi dan manfaat penting dalam menunjang aktivitas bisnis ada baiknya Anda hati-hati dalam memilihnya. Pemilihan yang tepat akan ikut memberikan pengaruh baik pada omzet usaha yang Anda jalani. Bagaimana cara memilih aplikasi online tersebut? Berikut ini tipsnya.

Tips Dalam Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik


Kebutuhan Hardware Tertentu

Saat akan memilih aplikasi kasir online sebaiknya Anda melihat dulu apakah memerlukan tambahan hardware lagi untuk mengoperasikannya. Hal ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi jenisnya. Ada jenis aplikasi online yang cukup dijalankan dengan gadget saja tetapi ada juga yang harus menambahkan hardware tertentu.

Harga Aplikasi

Sebagai seorang pelaku usaha tentunya semua hal yang menyangkut harga adalah hal penting. Harga akan ikut mempengaruhi besaran modal yang harus kita keluarkan untuk membeli aplikasi kasir online tersebut.

Cari informasi dengan detail terlebih dahulu mengenai aplikasi tersebut dan berapa harganya. Kemudian pertimbangkan apakah harga sepadan dengan fitur atau layanan yang akan kita dapatkan. Jangan sampai Anda harus membeli dengan harga yang terlalu mahal tetapi tidak sesuai dengan apa yang bisa didapatkan.

Mudah Untuk Menggunakannya

Beli dan gunakan aplikasi yang Anda sendiri paham bagaimana cara untuk menggunakannya. Jangan sampai karena mengejar jenis aplikasi yang canggih tetapi ternyata Anda tidak tahu bagaimana cara pengoperasiannya.

Ingat, aplikasi kasir online Anda beli untuk memudahkan urusan bisnis Anda bukan sebaliknya menambah masalah bagi Anda. Pastikan juga karyawan Anda akan mudah memahami sistem operasional dari aplikasi tersebut karena tidak mungkin Anda akan melakukannya sendiri.

Keamanan dari Aplikasi

Nantinya kalau sudah digunakan maka hampir semua catatan dan data penting dari bisnis Anda akan disimpan dalam aplikasi tersebut. Dari hal ini berarti sangat penting bagi Anda memilih aplikasi kasir online yang terjamin keamannya agar rahasia bisnis Anda akan aman.

Apalagi jika jenis usaha yang Anda lakukan adalah bisnis retail maka sebaiknya carilah aplikasi online yang dilengkapi dengan fitur audit trails atau jalur audit. Fitur tersebut akan sangat Anda butuhkan untuk melakukan pelacakan atau tracking kalau terjadi pencurian nominal dari transaksi.

Lihat Review Pengguna

Bagaimana cara kita untuk mengetahui sebuah produk itu bagus atau tidak? Salah satunya yang cukup mudah adalah dengan melihat review atau penilaian oleh para pengguna sebelumnya. Begitu juga dalam memilih aplikasi kasir online tersebut maka Anda bisa mengetahui kualitasnya dengan membaca ulasan atau review dari orang lain.

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk memajukan bisnis Anda. Baca artikel terkait teknologi khususnya teknologi seputar AIDC dan RFID disini.