NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Tipe Wifi Barcode dan Spesifikasinya
Feb 8th, 2019
AIDC

Untuk dunia bisnis baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar, menggunakan barcode pasti sudah tidak asing lagi. Terlebih bagi petugas yang selalu menerima uang atau yang biasa disebut kasir. Untuk petugas kasir, biasanya menggunakan aplikasi barcode scanner yang mutlak harus dikuasai agar proses jual beli dapat berlangsung dengan cepat.

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, kini barcode juga mengalami pengembangan. Salah satunya yaitu adanya WiFi barcode scanner. WiFi barcode scanner tersebut memudahkan kasir tanpa perlu repot adanya kabel dimana-mana dan hanya perlu melakukan scan saja. Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

Spesifikasi WiFi barcode


Pengertian Barcode

Sebelum membahas tentang WiFi barcode, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih barcode itu. Barcode merupakan kode-kode yang mewakili angka dan huruf dengan kombinasi antar garis dan jarak tertentu. Ini menjadi salah satu cara untuk memasukkan data ke dalam komputer. Di dalam barcode ini tidak berisi data secara lengkap mengenai suatu barang, hanya terdiri dari enkripsi sejumlah digit angka.

Ketika angka tersebut telah di scan oleh petugas kasir, maka kode tersebut secara otomatis akan terhubung dengan barang yang dimaksud. Data yang tercantum di produk tersebut berupa nama vendor, nama produk, harga, dan jenis pendukung lainnya.

Barcode Reader dan Barcode Scanner

Untuk hal ini sebenarnya komputer tidak bisa langsung membaca kode bar secara langsung, perlu penerjemah format data untuk kemudian baru bisa dibaca oleh komputer. Alat pembaca yang bisa digunakan oleh komputer ini dinamakan barcode reader atau biasa kita sebut barcode scanner.

WiFi Barcode Scanner

Untuk WiFi barcode scanner sebenarnya sama seperti barcode scanner lainnya, hanya saja tanpa menggunakan kabel dan memanfaatkan sinyal WiFi atau network. Dengan menggunakan jaringan ini maka akan memperoleh banyak keuntungan diantaranya yaitu hasil scan akan langsung terlihat di layar. Setelah itu dapat langsung melakukan edit seperti rotate, crop, dan delete page.

Hasil yang telah di scan langsung bisa di simpan ke PC atau komputer, Mac, Android, IOS, dan tempat penyimpanan lainnya menggunakan WiFi barcode.

Software untuk WiFi barcode

Untuk memperoleh software khusus scanner ini agar bisa memaksimalkan tombol profil yang tersedia si scanner plustel, kamu bisa menggunakan Bundled software scanner. Nantinya kamu bisa mengatur profil konfigurasi scanning pada setiap tombol yang tersedia, tombol juga bisa diatur untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Hasilnya bisa berupa JPEG, JPG, TIFF, PDF, atau bisa juga langsung dihubungkan dengan printer, email, folder, maupun file transfer protocol tertentu. Dengan hasil yang bisa disimpan dalam bentuk soft file, maka memudahkan kamu agar tidak selalu mengetik ulang dan memformat ulang dokumen.

Salah satu perusahaan yang menyediakan peralatan berhubungan dengan Automatic Identification and Data Capture atau AIDC yaitu PT ION Indotek. Perusahaan ini menyediakan beragam peralatan yang berhubungan dengan WIFI barcode. Apabila anda membutuhkan peralatan yang berhubungan dengan sistem penginputan data baik itu dari penginputan maupun membaca data dari kode barcode, anda dapat konsultasikan pada kami disini untuk mendapatkan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan usaha anda.