NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Begini Cara Membuat Label untuk Dapatkan Hasil Maksimal
Nov 6th, 2018
GENERAL

Bagaimana cara membuat label produk? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ketahuilah apa itu label produk. Label produk sendiri bertugas untuk memberikan informasi lengkap mengenai suatu produk. Sebenarnya tidak ada aturan baku yang harus kita ikuti saat membuat label suatu produk. Anda memiliki kebebasan untuk memilih tata letak, ukuran, bentuk, warna, dan banyak hal lain dari label Anda.

Namun demikian, mengikuti beberapa pedoman tertentu akan membawa label produk Anda ke tingkatan yang pada akhirnya akan mempermudah penjualan. Di bawah ini beberapa hal penting mengenai pembuatan label produk agar Anda bisa menikmati hasil maksimal dalam penjualan produk tersebut. Apa saja?

Aspek Terpenting dalam Cara Membuat Label 




Pilih Software yang Tepat


Langkah pertama dalam cara membuat label yang efektif adalah memutuskan software yang akan Anda gunakan untuk mendesain. Ada begitu banyak pilihan software grafis yang bagus. Mulai dari Adobe InDesign, PagePlus, CorelDraw, Adobe Illustrator, Xara Designer Pro, Microsoft Publisher, dan lain-lain. Disarankan untuk menggunakan aplikasi yang paling nyaman Anda gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pertimbangkan Pilihan Warna


Warna pada label produk Anda merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya satu hal ini memiliki peran penting dalam mempengaruhi target untuk membeli produk Anda. Ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih warna. Selain itu perhatikan juga warna dari kemasan. Jika Anda kesulitan menentukan paduan warna, terdapat situs online yang dapat membantu Anda menentukan warna label yang cocok.

Nama Produk dan Perusahaan


Cara membuat label produk sebenarnya gampang-gampang sulit. Selain dua faktor di atas, hal yang perlu Anda perhatikan adalah nama produk serta perusahaan yang tak boleh ketinggalan saat Anda mendesain atau membuat label. Dua hal ini menjadi petunjuk konsumen untuk mengenali produk Anda. Usahakan selalu konsisten pada label produk Anda agar tak membuat konsumen kebingungan saat Anda berganti label.

Bahan Pembuatan Label


Sebelum Anda memulai proses desain setelah mengetahui beberapa tips cara membuat label, ada baiknya memilih bahan label produk Anda terlebih dahulu. Disarankan memilih bahan label umum berwarna putih, bening, krem, atau foil emas maupun perak. Dengan begitu desain Anda nantinya akan lebih menonjol dan konsumen pun akan lebih mudah mengenali produk Anda.

Berbagai Tipe Printer untuk Label Produk


Thermal Transfer (TT) Printer


Untuk para pebisnis pemula, printer thermal transfer ini merupakan pilihan paling sempurna dengan teknologi berkualitas tinggi dan tahan lama. Tersedia berbagai tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Printer thermal menggunakan pita tinta yang terbuat dari lilin, resin, atau campuran lilin dan resin. Dibandingkan dengan kebanyakan printer, printer thermal dapat digunakan untuk lebih banyak pilihan kertas.

Direct Thermal (DT) Printer


Dibandingkan dengan printer TT, printer DT tidak membutuhkan pita tinta. Label yang dicetak menggunakan printer satu ini akan memiliki lapisan khusus berbahan kimia di bawah permukaan label yang diaktifkan oleh panas dan akan mencetak gambar. Tanpa menggunakan pita tinta membuat biaya cetak per label jauh lebih rendah. Namun karena label dengan bahan kimia khusus, tetap saja Anda butuh dana tinggi.

Laser Printer


Selanjutnya ada cara membuat label yang paling ideal adalah dengan menggunakan printer rumahan atau kantoran. Cara satu ini membuat percetakan label menjadi jauh lebih murah dan mudah. Label laser yang dijual dalam bentuk lembaran ini memang umumnya dianggap lebih ekonomis. Tak heran bagi pengusaha pemula sangat disarankan untuk menggunakan label laser.

Itulah beberapa tips dari cara membuat label produk yang setidaknya harus diketahui pemula. Namun jika Anda masih tak percaya diri dengan kemampuan mendesain dan membuat label produk, PT ION Indotek memiliki solusinya. Jangan ragu mengunjungi situs kami disini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai sistem identifikasi otomatis yang erat kaitannya dengan penjualan.