NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Simak, Yuk! Cara Melakukan Pemindaian QR Code dan Barcode dengan Aplikasi Scan Barcode
Dec 20th, 2018
AIDC

Kode QR dan barcode sudah banyak digunakan dalam berbagai hal, mulai dari barang hingga informasi kontak. Kode-kode tersebut memang sangat bermanfaat untuk proses identifikasi dan membagi informasi.

Kode QR dan barcode memerlukan alat tertentu supaya bisa terbaca. Salah satunya adalah aplikasi scan barcode. Bagi yang mengerti tentang kode QR dan barcode serta aplikasi pembacanya bisa simak artikel di bawah ini.

Cara Membaca Kode QR dan Barcode dengan Menggunakan Aplikasi Scan Barcode


Memilih Aplikasi

Aplikasi scan barcode sangat berguna dalam mengidentifikasi kode QR maupun barcode. Proses identifikasinya juga sangat mudah dan cepat. Hanya saja, sebelum memulai proses penggunaan. Terlebih dahulu perlu dilakukan pemilihan aplikasi yang sesuai. Hal ini dikarenakan ada banyak aplikasi yang tersedia. Jadi, pilihlah aplikasi yang paling bagus.

Cara memilihnya, pengguna dapat mencari dahulu bermacam aplikasi scan barcode yang terdapat di Google Play Store. Setelah itu lihatlah bermacam pilihan yang tersedia. Mulailah dengan melihat jumlah pengguna dari aplikasi, serta rating yang diberikan. Makin banyak penggunanya dan rating aplikasi yang bagus bisa diartikan bahwa aplikasi tersebut berguna dan aman.

Selain itu, pilihlah aplikasi scan barcode yang punya ukuran yang ringan sehingga tidak memperberat kinerja ponsel. Perhatikan juga desain serta fitur yang ada dalam aplikasi. Beberapa aplikasi ada yang mempunyai fitur pembuat barcode atau kode QR, jika memang dibutuhkan pengguna bisa memilih aplikasi ini.

Cara lain untuk memilih aplikasi yakni dengan membaca ulasan tentang aplikasi scan barcode. Ada banyak informasi dari berbagai situs teknologi yang mengulas tentang aplikasi untuk membaca kode QR dan barcode. Manfaatkan informasi tersebut untuk mendapat aplikasi yang paling sesuai kebutuhan.

Cara Penggunaan Aplikasi

Pada dasarnya setiap aplikasi mempunyai cara pembacaan kode dengan navigasi yang berbeda-beda. Jadi, cara penggunaannya akan sangat bergantung pada aplikasi yang diunduh.

Namun, secara umum penggunaannya biasanya dengan cara membuka aplikasi, lalu mengarahkan kamera pada kode QR atau barcode. Kemudian memencet tombol tertentu, melakukan zoom, atau ada juga yang otomatis langsung membaca kode.

Bagi yang Belum Tahu, Ini Pengertian dari Kode QR dan Barcode

Barcode

Barcode merupakan suatu data yang disimpan dalam bentuk garis yang berjajar dan dapat dibaca dengan alat khusus. Terciptanya kode ini terinspirasi dari pemakaian kode morse. Jenis dari barcode juga sangat beragam dan pilih berdasar kebutuhan. Kode ini banyak ditemukan pada kemasan produk, label harga, buku, kardus pengiriman, barang gudang, dan lain sebagainya.

Kode QR

Kode ini terbentuk dari kumpulan kotak hitam kecil-kecil dengan latar belakang putih. Kode ini merupakan pengembangan dari barcode. Barcode kebanyakan dibuat dalam bentuk 1 dimensi sedangkan kode QR dalam bentuk 2 dimensi.

Keunggulan dari kode QR adalah kemampuan untuk memuat informasi hingga 350 kali lebih banyak daripada barcode UPC. Kode QR juga lebih tahan jika mengalami kerusakan karena air atau robek.

Barcode merupakan suatu kode berisi informasi yang dikemas dalam bentuk susunan garis. Sedangkan kode QR berbentuk 2 dimensi yang terdiri dari kotak kecil berwarna hitam yang membentuk pola tertentu. Cara penggunaan aplikasi scan barcode secara umum yakni dengan mengarahkan kamera pada bagian kode yang akan dipindai kemudian ikuti cara navigasi dari aplikasi yang digunakan.

Selain dengan aplikasi barcode, pembacaan kode tersebut juga bisa menggunakan alat scan barcode. Peralatan tersebut bisa di dapat di PT ION INDOTEK. Perusahaan bidang AIDC ini punya produk yang berkualitas dan memberi layanan terbaik untuk konsumennya. Dapat informasi lebih mengenai barcode dan informasi produk dengan mengunjungi situs kami dan hubungi kontak jika ingin membeli produk.