NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Selain WiFi Barcode, Yuk Cari Tahu Manfaat Dan Jenis Lainnya
Dec 10th, 2018
AIDC

Wifi barcode tampaknya sering Anda lihat di kehidupan sehari-hari, seperti contohnya saat berbelanja di supermarket. Benda ini berfungsi untuk memindai sebuah kode yang berisi informasi mengenai suatu barang, seperti contohnya harga produk. Berikut ini adalah manfaat dan jenis-jenis barcode yang mungkin tidak Anda ketahui. Yuk simak!

Berikut Manfaat Dari Wifi Barcode


Efisien Dari Segi Waktu Dan Ketepatan

Seperti halnya model barcode yang lain, Wifi barcode dinilai efisien dari segi waktu dan ketepatan data. Dalam perusahaan besar yang diharuskan memindai banyak barang, kehadiran alat ini dirasa sangat membantu pekerjaan manusia. Proses pendataan dapat memakan waktu apabila dihitung manual atau menggunakan alat yang tidak mendukung pekerjaan secara maksimal.

Dalam hal mendata suatu barang, diperlukan ketelitian dan ketepatan agar data yang dihasilkan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Untuk mencegah kelalaian karyawan dalam mendata barang maka diperlukan alat yang mampu mendata secara akurat dan tepat. Kehadiran Wifi barcode tentu sangat membantu perusahaan.

Mengurangi Biaya Yang Tidak Perlu

Wifi barcode ini dianggap mampu menghemat pengeluaran dana perusahaan dalam hal mendata barang. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang berlebih sehingga mencegah kerugian yang mungkin ditimbulkan dari proses pendataan barang. Perusahaan dapat menggunakan uang untuk produksi barang atau bidang lain yang lebih membutuhkan.

Menggunakan barcode dapat mengurangi pekerjaan mendata barang yang dilakukan secara manual da berulang-ulang. Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran dalam hal menggaji lembur karyawan apabila memiliki pekerjaan yang mengharuskan karyawan untuk mendata barang dalam jumlah besar. Wifi barcode terbukti efisien dalam hal menghemat biaya.

Peningkatan Kinerja Manajemen

Wifi barcode tersebut memiliki banyak keuntungan dalam hal ketepatan, kecepatan, dan keakuratan dalam pendataan barang. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi kinerja manajemen dan kebijakan perusahaan.

Perusahaan akan fokus kepada hal lain yang lebih penting demi meningkatkan kualitas perusahaan itu sendiri. Hal ini berdampak pada kemampuan perusahaan dalam hal bersaing dengan perusahaan atau kompetitor lain akan lebih terjaga.

Berikut Jenis-jenis Dari Wifi Barcode

Linear Code (Kode 1 Dimensi)

Linear code terdiri dari code 39, yaitu barcode alphanumeric yang memiliki panjang garis kode yang bervariasi (barcode full ASCII). Barcode jenis ini umumnya dapat ditemukan di kartu identitas, asset tracking, dan inventory. Interleaved 2 of 5 adalah barcode yang memiliki garis bervariasi berbentuk numerik. Barcode jenis ini umumnya ditemukan di suatu industri dan laboratorium.

Code 128 yaitu barcode alphanumeric yang memiliki kerapatan sangat tinggi dengan panjang garis yang bervariasi serta teliti (Full ASCII). Anda dapat menemukan jenis barcode ini pada warehouse management dan shipping. UPC (Universal Product Code) berbentuk numerik dengan bentuk yang tetap (fixed). UPC digunakan pada produk ritel atau berukuran kecil.

Matrix Code (Kode 2 Dimensi)

Jenis barcode ini lebih canggih dibandingkan kode 2 dimensi. Hal ini dikarenakan matrix code mengandung kode berupa ratusan digit karakter dengan tampilan yang berbeda dengan linear code. Matrix code memuat data lebih besar dan detail namun disimpan dalam ruang yang kecil.

Bagi Anda yang berkeinginan membuat barcode untuk perusahaan Anda, maka sangat disarankan untuk kerja sama dengan perusahaan bidang Automatic Identification Data Capture terbaik, salah satunya PT. ION INDOTEK. Perusahaan berkualitas dan berpengalaman ini dapat melayani Anda secara maksimal terkait teknologi barcode dan RFID.