NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Sederet Cara Membuat Label yang Bisa Digunakan
Jan 4th, 2019
GENERAL

Cara membuat label memang banyak digunakan untuk menerapkannya dalam berbagai kegiatan maupun dunia usaha. Sejumlah software pun dimanfaatkan. Salah satu software yang dimanfaatkan adalah Microsoft word. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa software yang satu ini memang sudah sangat familiar dalam hal pengolahan dunia perkantoran.

Di dalam Microsoft Word tersedia banyak produk label yang tentu saja berbeda dengan yang digunakan ketika melaksanakan tugas seperti membuat gabungan sebuah surat. Ketika melakukan cara membuat label di Microsoft office word Microsoft office word 2010, maka yang perlu dilakukan adalah mengarahkan pada menu surat alat dan kemudian klik gabungan surat.

Sedangkan saat melakukannya di Microsoft office word 2007, maka yang perlu dilakukan adalah mengklik gabungan surat yang terdapat pada tab surat yang kemudian tiba satu halaman penuh label yang sama. Adapun yang dibahas kali ini adalah cara membuat label undangan yang sudah pasti akan berbeda dengan label jenis lain dan menggunakan kertas yang khusus.

Beberapa Cara Membuat Label yang Bisa Diterapkan


Buat Daftar Penerima Undangan

Adapun langkah pertama ketika ingin membuat label undangan di di MS Word 2010, adalah terlebih dahulu membuat daftar penerima undangan. Data ini akan berformat Microsoft Access dan untuk membuat maupun melakukan entry terhadap datanya tidak perlu membuka MS access secara langsung. Langkah pertamanya bisa dengan membuka new document di MS Word  2010. Kemudian custom address list.

Setelah itu, pada tab menu Mailings klik bagian Select Recipients dan pilih menu Type New List. Maka akan muncul kotak dialog New Address List. silakan klik tombol Customize Column pada kotak dialog Customize Address List dan jangan lupa untuk klik tombol Delete dan klik Yes. Hal ini dilakukan untuk menghapus judul kolom yang sudah ada. Lakukanlah hingga semua Field Names habis.

Mulai Membuat Label Undangan

Selanjutnya adalah melanjutkan dengan cara membuat label. Klik lah menu labels pada tab menu Mailings yang ada di MS Word 2010. Maka akan muncullah kotak dialog Envelopes and Labels dan klik tombol options. Pada kotak dialog ini klik tombol new labels. Selanjutnya akan mulai bekerja pada kotak dialog label details yang kemudian akan disetting custom label.

Adapun setting label ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan label yang akan kita gunakan. Misalnya label 103 yang digunakan untuk memberikan nama pada label yang dibuat. Kemudian untuk top marginnya diberi jarak 0,6 cm yang merupakan jarak antara sisi bagian atas kertas dengan label yang dibuat. Untuk side marginnya berukuran 0,15  cm dimana ini merupakan jarak antara sisi bagian kiri dengan label.

Untuk tingi label dengan jarak yang berikutnya silahkan diatur 3,3 cm. Lebarnya diatur 6,6 cm sehingga memiliki jarak dengan label pada kolom yang ada. Tinggi tabel silakan diatur 3,1 cm dan lebarnya 6,3 cm. Jumlah label ke samping adalah 3 dan jumlah label saat dihitung ke bawah adalah 4. Ukuran halaman silakan diatur A4 saja yakni 21 x 29,7 cm. Kemudian setting pada bagian printer agar A4 juga.

Menghubungkan Daftar Penerima Dengan Label

Selanjutnya cara membuat label yang dilakukan adalah menghubungkan daftar dengan label. Pilih select Data Source kemudian klik Select Recipients dan lanjutkan dengan memilih menu Use Existing List. Kemudian pada kotak dialog Select Data Source pilihlah data list yang sudah dibuat sebelumnya, misalnya data yang dipilih menggunakan nama daftar undangan yang disimpan di document kemudian open.