NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Sebelum Mempercantik Produk, Kenali Terlebih Dahulu Pengertian Label Dan Jenis-Jenis Yang Dimilikinya
Dec 12th, 2018
GENERAL

Sebagai seorang pengusaha terlebih makanan atau produk lain pasti sudah tahu pasti pengertian label. Label merupakan sebuah nama yang biasa dipakai untuk menamai produk yang di buat atau dimiliki. Sering kali orang mengenal label sebagai merek.

Mungkin untuk Anda seorang pemula dan baru merintis karir masih bingung apa itu label dan apa saja macamnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak informasi berikut ini.

Jenis-Jenis Label Produk


Pengertian Label

Sebelum membahas jenis-jenis label, alangkah lebih baik mengetahui pengertian label terlebih dahulu. Label merupakan sebuah informasi yang berisi atau memuat informasi detail mengenai produk tersebut. Dengan adanya label ini membuat orang-orang tahu nama produk yang Anda miliki. Disini juga tercantum banyak info seperti komposisi, nama perusahaan dan lain sebagainya.

Label Produk

Setelah mengetahui pengertian label, sekarang saatnya mengetahui jenis-jenis label. Salah satu jenis label yang paling banyak digunakan masyarakat adalah label produk. Pembuatan label produk tidak boleh sembarangan, banyak hal yang harus diperhatikan dan dicantumkan di dalam label produk.

Beberapa informasi yang harus tercantum adalah bahan dasar, komposisi, kandungan, legalitas, isi produk, kadaluwarsa, halal dan BPOM. Selain itu juga harus dicantumkan alamat perusahaan atau tempat pembuatan.

Label Merek

Label merek biasanya menyatu dengan label produk, namun terdapat juga label merek sendiri. Jika label produk berisi kompleks, untuk label merek hanya berisi nama merek atau brand produk tersebut. Banyak orang yang salah paham dengan pengertian label merek dan menganggapnya label produk.

Label merek berisi logo produk atau nama produk. Di sini juga tercantum siapa yang membuat produk tersebut. Selain itu label merek merupakan ciri khas yang dimiliki oleh perusahaan pembuatnya.

Label Tingkat

Selain label produk dan merek, salah satu label yang harus Anda miliki adalah label tingkat. Label ini sering kali terlihat untuk baju, sepatu atau lain sebagainya. Jika Anda melihat label bertuliskan S, M, L, XL dan sejenisnya, ini adalah label tingkat yang dimaksud.

Label ini berfungsi untuk memberi tahu pembeli mengenai ukuran produk, atau juga kualitas dari produk tersebut. Untuk kualitas biasanya menggunakan label grade 1, grade 2, grade 3 dan seterusnya.

Label Deskriptif

Jangan sampai salah pengertian label produk dengan label deskriptif, banyak yang masih bingung membedakannya. Jika label produk berisi informasi secara singkat, untuk label deskriptif lebih detail karena bersifat menerangkan. Seperti label “100% bebas bahan pengawet” dan lain sebagainya.

Informasi sebuah label deskriptif harus mempunyai arti luas, agar para pembeli paham mengenai produk tersebut. Beberapa produk yang biasa menggunakan label jenis ini adalah makanan kaleng, bumbu, tepung dan sejenisnya.

Kebutuhan label sangat penting untuk sebuah produk, terlebih lagi untuk masuk ke pasar yang lebih luas. Saat ini banyak konsumen cerdas yang memilih produk terpercaya dengan label-label yang dimilikinya. Untuk itu pembuatan label harus benar-benar diperhatikan, tidak boleh sembarangan. Sangat tepat jika bisa membuat label sendiri.

Untuk Anda yang bingung mengenai label produk tidak perlu khawatir, silahkan menghubungi kami PT ION INDOTEK disini. Kami menyediakan sesi konsultasi bagi Anda yang ingin membuat label cantik dan informatif. Selain itu kami juga menjual printer pencetak label yang berkualitas. Itulah beberapa informasi jenis-jenis dan pengertian label, semoga bermanfaat.