NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Penting! Ketahui Langkah-Langkah Melakukan Stock Opname Dengan Benar Dan Efektif
Dec 2nd, 2018
AIDC

Pernah berfikir tentang bagaimana perusahaan mengelola persediaan barangnya yang begitu banyak? Tentu akan sangat membingungkan jika dilakukan secara benar. Stock opname merupakan sebuah kegiatan perhitungan persediaan fisik dari barang dagang atau stok barang yang berada di toko atau gudang. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui kebenaran barang di lapangan.

Perlu diketahui bahwa dengan adanya kegiatan stock tersebut tentu perusahaan akan mengetahui keadaan sebenarnya yaitu antara catatan pembukuan dengan persediaan fisik. Dalam menjalankan stock opname sendiri tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Perlu Adanya tim penghitung atau tim input yang melakukan kegiatan perhitungan. Untuk lebih jelasnya berikut langkah perhitungannya. 

Langkah-Langkah Menyusun Stock Opname Yang Perlu Di Ketahui


Tahap Awal

Seperti yang diketahui bahwa dalam melakukan kegiatan stock barang terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan secara berurutan. Tujuannya adalah agar perhitungan stock barang tersebut dapat berjalan lancar dan juga menghindari kesalahan perhitungan. Pada tahap ini perlu dilakukan jauh-jauh hari yaitu sekitar satu minggu sebelum proses stock opname dimulai.

 Apa saja yang perli dilakukan pada tahap ini? Perlu diketahui bahwa pada tahap awal ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kegiatan stock berjalan lancar. Beberapa hal yang harus dilakukan seperti menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan tag yang dipakai untuk memberi tanda stock. Selain itu menginstruksikan orang gudang untuk merapikan dan melengkapi stock barang.

Tahap Persiapan

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam melakukan proses stock opname adalah tahap persiapan. Pada tahap ini merupakan tahap dimana pelaksanaan stok sudah mendekati hari H. Umumnya tahap persiapan ini dilakukan pada waktu H-1. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan pada tahap ini yaitu pertama, memanggil semua tim perhitungan atau tim input untuk melakukan briefing bersama.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi input an dan menghentikan kegiatan mutasi barang terhitung sejak tutupnya jam operasional gudang hingga selesainya stock opname.

Tahap Pelaksanaan

Pada tahap ini stock barang akan mulai dilakukan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti memastikan kembali bahwa semua transaksi yang berkaitan dengan stok barang sudah diinput ke program. Setelah itu jika Anda sudah yakin bahwa barang sudah di input dengan benar, maka Anda bisa mencetak semua atau print sebagai pedoman dalam proses stok barang.

Ketika proses stock barang sudah dilakukan, pastikan bahwa stock barang yang sudah dihitung tadi diberikan tanda tag atau stiker. Tujuan utama pemberian tag ini adalah untuk menghindari terjadinya double perhitungan. Selanjutnya setiap lembar stock yang sudah terisi penuh bisa langsung diisi ke excel untuk dilakukan perbandingan antara stock versi program dengan hasil akhirnya.

Nah bagi Anda yang sekarang ini membutuhkan perhitungan persediaan barang namun masih bingung bagaimana memulainya. PT ION Indotek hadir untuk mengatasi masalah Anda tersebut. PT ION Indotek sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang solusi AIDC yang berusaha memanfaatkan teknologi barcode dan juga RFID. Sangat lengkap sekali, bukan?

Di sini Anda akan menemukan pemecahan atas masalah tentang stock opname perusahaan yang kadang menyulitkan. Anda tidak perlu khawatir karena PT ION Indotek akan selalu berusaha memberikan solusi terbaik untuk perusahaan Anda.  Nah untuk informasi lebih jelasnya tentang kami Anda bisa cek disini . Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu usaha Anda ke depannya.