NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Pengertian dan Cara Kerja RFID Tag
Mar 15th, 2019
AIDC

RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification, sedangkan untuk pengertian dari RFID yaitu sistem identifikasi tanpa kabel yang berguna untuk mengambil data tanpa memerlukan sentuhan berupa barcode maupun kartu magnetik seperti contohnya kartu ATM. RFID saat ini sudah banyak digunakan di banyak bidang seperti perusahaan, rumah sakit, hotel, dan lain sebagainya.

Semakin maju teknologi, kini membuat semuanya cukup menggunakan kode atau tag. Begitu pula RFID tag yang memiliki banyak keunggulan dan manfaat di berbagai bidang. Lalu bagaimana cara kerja teknologi tersebut sehingga banyak digunakan oleh masyarakat saat ini? Mari kita simak penjelasan berikut.

Penjelasan Mengenai RFID Tag


Pengertian Radio Frequency Identification Tag

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembukaan di atas, bahwa RFID merupakan sistem dengan basis wireless yang berguna untuk mengambil data tanpa bersentuhan. Alat RFID ini memanfaatkan radiasi elektromagnetik yang digunakan untuk mengambil kode. RFID tag merupakan sebuah alat yang akan dibaca kodenya oleh RFID reader.

Alat tersebut terdiri dari dua jenis diantaranya yaitu perangkat aktif dan perangkat pasif. Tag pasif bisa berfungsi tanpa menggunakan baterai sedangkan tag aktif hanya dapat berfungsi jika menggunakan baterai. Untuk penggunaannya juga terdapat dua jenis yaitu read only, yang berarti hanya bisa dibaca saja. Serta read write yang berarti setelah dibaca akan ditulis ulang.

Cara Kerja RFID Tag

RFID memanfaatkan gelombang radio yang bisa digunakan untuk mengambil data tanpa bersentuhan tersebut. Sehingga membutuhkan paling sedikit dua perangkat agar alat ini da[at berfungsi sebagaimana mestinya. Alat yang berfungsi dalam RFID ini yaitu tag dan reader. Dimana tag merupakan kode dan reader merupakan pembaca dari kode tersebut.

RFID tag yang digunakan hanya berupa tag yang unik dan memiliki perbedaan antara tag yang satu dengan tag lainnya. Informasi yang tersimpan di dalam tag tersebut hanya bisa dibaca atau dihubungkan oleh RFID Reader.

RFID Reader

Di atas sudah dijelaskan sedikit tentang RFID reader yang berfungsi untuk membaca sebuah kode dai RFID tag. RFID reader juga terdapat dua macam, diantaranya yaitu reader pasif dan reader aktif. Reader pasif hanya bisa berfungsi atau membaca ketika menerima sinyal radio tag aktif, dimana tag aktif tersebut hanya bisa beroperasi menggunakan baterai.

Sedangkan reader aktif bisa berfungsi dengan cara memancarkan sinyal interogator ke tag dan menerima sinyal atau balasan autentikasi dari tag. Sinyal interogator ini menginduksi tag yang akhirnya menjadi sinyal sehingga bisa berguna untuk membaca tag pasif.

Pemanfaatan RFID

Karena kemudahan yang diperoleh ketika menggunakan RFID, kini banyak lembaga atau bidang yang menggunakan RFID. Diantaranya yaitu perusahaan, super market, rumah sakit, lembaga sekolah, dan akhir-akhir ini bahkan dimanfaatkan untuk identifikasi pengguna BBM yang telah bersubsidi.

Salah satu perusahaan di Indonesia terbaik yang mengerti tentang RFID tag dan RFID reader yaitu PT ION Indotek. Perusahaan tersebut juga bergerak di bidang Automatic Identification and Data Capture atau AIDC. Perusahaan tersebut mampu menangani segala jenis RFID dan barcode. 

Untuk kamu yang sedang mencari solusi terbaik tentang teknologi tersebut, segera buka halaman ini. Perusahaan tersebut akan memberikan rekomendasi terbaik secara efisien inovatif, dan juga tepat. Kamu juga bisa melakukan konsultasi mengenai bidang usahamu untuk memanfaatkan teknologi RFID yang sesuai dengan teknisi berpengalaman PT Ion Indotek disini.