NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Meski Banyak Dipakai, tapi Jarang yang Tahu 5 Fungsi dari QR barcode Ini
Oct 26th, 2018
AIDC

QR barcode bukan lagi hal asing bagi masyarakat. QR banyak ditemui di suatu tempat, produk-produk, menjadi password, dan lain-lain. QR menawarkan kemudahan bagi pemakainya. Bentuk dari QR ini berupa gambar 2 dimensi yang terdiri dari kotak-kotak hitam yang membentuk pola tersendiri, bila QR di scan akan memberi suatu info tertentu. Berikut ini penjelasan fungsi lain dari pemakaian QR.

Fungsi QR Barcode yang Dapat Memberi Kemudahan


Dapat Menjadi Tanda Pengenal


Tanda pengenal seperti kartu nama yang sering berisi data diri. Kartu nama dapat berfungsi sebagai tanda pengenal yang memperlihatkan tentang status pemilik kartu nama, seperti jabatan atau pekerjaan. Kartu nama dapat mencantumkan juga profil perusahaan tertentu. Kartu nama banyak dipakai untuk menunjukkan keeksklusifan dan profesionalitas. Kartu nama dapat dicetak sesuai keinginan pengguna. 

Data diri dari kartu nama bisa bermacam-macam tulisannya. Isi kartu nama yang paling mendasar antara lain nama, kantor, pekerjaan, jabatan, alamat, dan lainnya. Di era sosial media ini banyak juga yang mencantumkan akun media sosial. Semua informasi ini dapat diringkas dengan mudah menjadi QR barcode. Di dalam kartu dapat dicetak kode QR yang nantinya dapat dipindai untuk mendapat info yang ada dalam kartu.

Memudahkan Pengunduhan Aplikasi


Kebanyakan untuk mengunduh suatu aplikasi, pengguna perlu untuk masuk ke penyedia aplikasi yang ada di android. Lalu mencari aplikasi yang dibutuhkan. Untuk selanjutnya memilih aplikasi dan menginstalnya dengan menunggu beberapa waktu. Cara tersebut cukup memakan waktu karena pengguna harus mencari-cari aplikasi. Cara ini cukup merepotkan bagi pengguna. Seiring dengan perkembangan QR barcode, pengguna dan pengembang aplikasi mendapat kemudahan. Para pengembang dapat memanfaatkan QR untuk memasarkan aplikasinya agar mudah di unduh. Caranya dengan QR ditautkan dengan link download sehingga pengguna cukup menscan QR yang secara otomatis mengarahkan pengguna ke pengunduhan aplikasi. Hal ini tentu saja lebih praktis bagi pengguna.

Dapat Dipakai dalam Presentasi




Para pengajar seperti dosen, guru, trainer, pemateri seminar, dan lain-lain, pasti akrab dengan presentasi. Kegunaan presentasi yaitu menyampaikan suatu pelajaran, pembahasan, atau materi ajar dengan menggunakan software presentasi. Sering dijumpai mahasiswa atau peserta ajar mengopi materi. QR barcode dapat mempermudah pengajar membagi materi presentasi dengan mencantumkan QR di slide presentasi.

Dapat Terkoneksi dengan Wifi


Kebutuhan internet sudah menjadi hal pokok dalam masyarakat. Wifi kerapkali jadi pilihan koneksi untuk berinternet. Kini orang bisa membagikan koneksi internet kepada orang lain dengan mudah. Caranya dengan menyambungkan jaringan wifi dengan QR. Kode ini bisa di berikan ke orang lain untuk di scan agar dapat tersambung dengan wifi. Waspadalah terhadap hacker karena mereka dapat mencuri data dan password wifi.

Berguna untuk Melakukan Pemasaran


Pemakaian QR barcode dapat menjadi alat untuk mempermudah penyebaran informasi. QR dapat dipasang pada hampir semua produk seperti produk makanan, kaus, produk minuman, tempat makan, dan masih banyak lainnya. QR dapat dipakai untuk menyebarkan suatu informasi dan promosi acara pemerintah. Informasi produk atau acara bisa diperoleh mudah melalui pemindaian QR.

QR barcode memberi banyak kemudahan karena dapat difungsikan untuk banyak hal yang berguna. QR dapat menjadi sarana berbagi koneksi wifi. QR banyak dipakai dalam label produk, sebagai cara promosi yang terbilang efektif. Selain itu, dapat pula untuk membagi materi presentasi. QR bisa dimasukkan dalam kartu nama untuk mempermudah saling berbagi profile. QR dapat ditautkan dengan aplikasi agar mudah diunduh

ION indotek adalah perusahaan yang menekuni teknologi AIDC seperti barcode dan RFID. ION menawarkan solusi dan kemudahan bagi berbagai bidang industri untuk memanfaatkan teknologi identifikasi dan pemberian identitas, yang dapat mendorong efisiensi dan produktivitas perusahaan. ION indotek memberi layanan dan konsultasi terbaik. Tertarik untuk bekerja sama? Hubungi kontak kami untuk informasi lanjut.