NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Mengapa Label Adalah Informasi Terpenting Bagi Produk? Simak 6 Alasannya!
Mar 10th, 2019
GENERAL

Seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis tentu tidak asing dengan istilah label produk. Label adalah kumpulan informasi terkait produk yang tertera pada kemasan. Keberadaan label tentu saja sangat krusial bagi suatu produk karena mencerminkan identitas produk tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa keberadaan label sangat penting. 

6 Alasan Mengapa Label Adalah Informasi Terpenting Pada Suatu Produk 


Melindungi Produk Dari Kotoran 

Label adalah salah satu bagian penting dalam sebuah produk karena dapat melindungi produk dari kontaminasi kotoran yang berbahaya. Suatu produk harus dijamin kebersihannya dari tangan produsen ke tangan konsumen. 

Ketentuan ini ditetapkan pada Undang-undang nomor 18 tahun 2012 pasal 28 ayat 1 yang mengatakan bahwa fungsi dari kemasan dan label yaitu menjaga keamanan produk dari kotoran yang berbahaya agar isinya terjamin. Hal ini memungkinkan agar produk-produk yang diperjualbelikan di masyarakat keamanannya terjamin dan aman dikonsumsi.

Berisi Informasi Terkait Komposisi Produk 

Alasan kedua mengapa label adalah bagian terpenting dari suatu produk karena berisi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Salah satu informasi penting bagi konsumen yaitu komposisi produk. Komposisi menampilkan daftar bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan produk. 

Komposisi berguna untuk memberi tahu konsumen apabila ada beberapa jenis bahan yang tidak dapat dikonsumsi sehingga konsumen dapat mempertimbangkan untuk tidak membeli produk tersebut. Konsumen juga dapat mengetahui mengenai presentasi jumlah bahan yang digunakan dalam produk. 

Berisi Informasi Terkait Tanggal Kedaluwarsa 

Alasan selanjutnya mengapa label adalah informasi penting dari suatu produk karena tertera tanggal kedaluwarsa. Informasi ini tentu sangat penting karena konsumen dapat memperkirakan kapan produk dapat dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi. 

Suatu produk tanpa keterangan kedaluwarsa tentu sangat membahayakan karena konsumen dapat mengalami keracunan akibat mengonsumsi produk tersebut. Dengan adanya keterangan tanggal kedaluwarsa maka si pembeli dapat memperkirakan kualitas produk yang dibelinya. 

Informasi Izin Edar Dan Sertifikasi Halal 

Penting untuk mencantumkan informasi terkait izin edar produk. Oleh karena itu, label adalah tempat penting untuk mencantumkan nomor BPOM sebagai bukti keterangan apabila produk tersebut telah diuji coba oleh pihak BPOM atau lembaga lainnya. Dengan adanya keterangan ini maka dapat dikatakan bahwa produk aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

Selain nomor BPOM, keberadaan label juga penting karena masyarakat dapat mengetahui status kehalalan produk dari label kemasan. Sertifikasi halal ini tentu sangat berdampak besar bagi konsumen yang beragama Muslim. 

Digunakan Sebagai Branding Produk 

Alasan selanjutnya mengapa label adalah bagian terpenting dari suatu produk yaitu difungsikan sebagai branding. Branding digunakan sebagai pengenalan secara luas kepada konsumen. Keberadaan label berguna sebagai fasilitas untuk melakukan branding produk tersebut agar lebih mudah. 

Dapat Menarik Minat Konsumen Untuk Membeli  

Alasan terakhir mengapa label adalah bagian terpenting dari sebuah produk yaitu dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk. Label yang memiliki design unik dan menarik tentu dapat menarik minat konsumen. Pemilihan design yang tepat sangat disarankan agar berpengaruh dalam penjualan. 

Berdasarkan alasan mengapa label adalah hal terpenting dari suatu produk, Kualitas dari label turut mempengaruhi akan bagaimana label itu nanti. Anda mungkin telah mendesain label dengan baik namun belum tentu hasil cetakan sesuai dengan ekspetasi anda, Untuk itu pastikan label tercetak dengan alat yang tepat agar hasil sesuai dengan ekspetasi anda dan dapat bertahan lama sesuai dengan masa kadarluasa produk.

Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan usaha anda untuk mendapatkan referensi alat yang sesuai pada teknisi terpercaya kami. Hubungi kami disini.