NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Memilih Jenis Mesin Barcode dengan Spesifikasi yang Benar
Nov 19th, 2018
AIDC

Dengan berkembangnya teknologi, turut mempengaruhi kerja manusia yang dibuat semakin mudah termasuk dengan adanya mesin barcode. Barcode sendiri memiliki arti sebuah kode batang atau kode palang dalam bahasa inggris. Definisinya merupakan sebuah kode atau kumpulan data optik yang bisa dibaca oleh mesin.

Fungsi dari barcode adalah untuk mempermudah manusia untuk memasukkan data dengan cara input data dengan otomatis saat barcode tersebut di scan. Biasanya wujud barcode ini meliputi sebuah pola garis yang berwarna hitam di atas background putih. Sebuah kode barcode tidak mungkin sama dengan yang lain karena itu sudah sistemnya.

5 Kegunaan Mesin Barcode dan Manfaatnya




Untuk kebutuhan retail


Apakah Anda pernah melihat barang di supermarket memiliki barcode di atasnya? Memang dalam jenisnya, Ada barcode yang digunakan untuk kebutuhan retail. Biasanya barcode ini ada di supermarket-supermarket karena produk yang dijual membutuhkan barcode. Salah satu contoh dari mesin barcode ini adalah Universal Price Codes atau UPC. 

Untuk Kepentingan Non-Retail


Tidak hanya untuk kebutuhan retail saja, barcode juga digunakan untuk keperluan non retail seperti halnya buku. Kita pasti pernah melihat barcode di belakang sebuah buku. Entah itu hanya buku tulis maupun buku bacaan. Ternyata, barcode yang muncul untuk kepentingan non-retail ini bertipe Code 39.

Untuk Kebutuhan Farmasi


Obat-obatan yang banyak sekali macamnya itu pasti membutuhkan sesuatu untuk membedakannya. Di sinilah pentingnya barcode digunakan. Barcode di sini lebih untuk mengidentifikasi produk obat-obatan yang dijual di apotik. Salah satu barcode yang digunakan dalam farmasi bertipe  HIBC.

Untuk Kebutuhan Packaging


Barcode ada juga yang digunakan untuk mengirim barang. Biasanya untuk mengidentifikasi jenis barang, asal, atau tujuan dari barang tersebut akan di kirim ke mana. Barcode yang digunakan adalah tipe ITF.

Untuk Keperluan Penerbitan


Di dunia penerbitan juga memiliki barcode. Jika Anda seorang penulis maka pasti familiar dengan barcode ini. Karena dengan adanya barcode ini, tulisan Anda dianggap sudah resmi terdaftar. Ya, barcode dari dunia penerbitan bertipe ISSN.

5 Macam Mesin Barcode Sesuai dengan Tujuannya 


Hands free scanner.


Mesin yang satu ini sangat mudah di gunakan karena keberadaannya bisa diletakkan di suatu tempat sehingga Anda bisa leluasa menggunakannya (hands free). Jenis ini memiliki kemampuan yang handal dan bisa digunakan untuk menunjang produktivitas dengan pegawai yang sedikit.

Mesin Barcode Decoder


Tipe ini bisa menerjemahkan barcode agar bisa dibaca oleh komputer. Hal ini karena data-data yang dihasilkan berupa data yang memiliki format yang dikenali komputer. Jika Anda menemui kasus, mesin tidak bisa membaca barcode maka menggunakan barcode decoder adalah pilihan yang tepat.

Bertipe Laser


Tipe termasuk tipe populer karena tipe inilah yang sering digunakan untuk memindai barcode. Mesin barcode ini biasa dijumpai di supermarket-supermarket. Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan barcode dengan jarak 6-24 inch dari mesin. 

Barcode portable data terminal (PDT)


Mesin barcode ini bisa menyimpan memori data kemudian diupload di mobile. Oleh karena itu PDT bisa digunakan di mobile. Dilengkapi dengan keyboard dan LCD membuat tipe ini memudahkan pengguna dalam proses pemindaian barcode dan mengentri data ke komputer.

Barcode Pen Type


Tipe ini dianggap paling mudah untuk digunakan. Hal ini karena jenis ini adalah jenis yang paling ekonomis dan simple karena berbentuk pena. Cara menggunakannya dengan menempelkan pena mesin barcode ke barcode yang akan di scan.

Demikian tipe-tipe dari barcode scanner. Apabila Anda ingin membelinya maka disarankan untuk membeli di PT ION Indotek. Sebuah perusahaan  yang bergerak di bidang solusi AIDC (Automatic Identification and Data Capture) dengan memanfaatkan teknologi barcode dan RFID. Jika Anda ingin memesan mesin barcode silahkan hubungi kami.