NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Membuat Stock Opname? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini
Feb 1st, 2019
AIDC

Mungkin banyak orang belum mengetahui apa itu stock opname. Stock opname merupakan sebuah kegiatan perhitungan terhadap persediaan fisik barang atau stok yang ada di dalam gudang atau toko. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui kebenaran antara catatan dan kenyataan di lapangan.

Untuk sebuah perusahaan stock opname merupakan hal paling penting, pembuatannya juga tidak boleh sembarangan. Apakah Anda masih bingung dalam pembuatan stock opname? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Tahap Awal Pembuatan Stock Opname


Stiker/Tag

Sebelum melakukan stock opname, menginstruksikan pihak gudang untuk menyiapkan stiker/tag yang akan digunakan untuk menandai stok atau barang yang sudah di hitung. Dengan begitu tidak akan ada barang yang ganda atau dihitung 2 kali.

Merapikan Stok

Agar tidak ada kerancuan sebelum melakukan pengecekan, instruksikan bagian gudang untuk menata stok berdasarkan jenis dan kode barang. Langkah ini harus dilakukan agar tidak bekerja dua kali.

Stiker Tidak Dihitung

Selain stiker tanda dihitung, siapkan juga stiker “tidak dihitung”. Stiker ini digunakan untuk menandai stok yang masuk saat proses stock opname berlangsung, titipan pihak lain atau stok yang sudah rusak dan tidak layak jual.

Tahap Persiapan Pembuatan Stock Opname


Briefing

Tahap Persiapan dilakukan saat mendekati hari H tepatnya H-1. Panggil semua tim untuk melakukan briefing persiapan proses stock opname. Saat briefing jelaskan tugas masing-masing anggota tim. Dengan begitu semua posisi terisi dan tidak ada yang kosong.

Kelengkapan Inputan

Pada tahap ini, wajib menginstrusikan pihak gudang mengenai kelengkapan inputan tentang mutasi stok hingga penutupan operasional. Pada tahap ini, semua tahap awal harus sudah selesai agar proses pengecekan stok bisa berjalan dengan lancar.

Menghentikan Mutasi Barang

Selain melengkapi inputan stok, pada tahap ini juga harus menginstruksikan pihak gudang untuk menyetop mutasi stok dimulai pada tutupnya jam operasional hingga proses stock opname selesai dilakukan.

Tahap Pembuatan Stock Opname


Memastikan Inputan

Pastikan semua transaksi yang terkait dengan pengecekan stock sudah terinput secara lengkap ke dalam program. Jangan biarkan satu pun yang terlewat karena akan berpengaruh besar saat pengecekan.

Print Jumlah Stock

Setelah terinput, sekarang saatnya mengeprint jumlah stok tersebut. jangan sampai jumlah stok ini jatuh ke tangan gudang namun ke bagian accounting. Ini karena pihak gudang tidak boleh tahu jumlah stok berdasarkan program.

Proses Stock

Sekarang saatnya proses stock berlangsung. Cek semua stock yang ada dan beri label pada stok yang sudah dihitung dan stok yang tidak dihitung. Dengan begitu tidak ada perhitungan dobel.

Penyerahan Tim Input

Setiap lembar stock yang sudah terisi penuh langsung berikan kepada tim input agar bisa segera di salin ke dalam excel. Alangkah lebih bagus jika satu lembar selesai langsung di input agar proses stock opname berjalan dengan cepat.

Pengecekan Ulang

Setelah semua proses stock selesai, sekarang saatnya pengecekan ulang. Jika terjadi selisih, apakah selisih tersebut dikarenakan salah perhitungan atau memang ada selisih antara stok program dan stok di gudang.

Adjusment Stock

Setelah pengecekan selesai sekarang saatnya Anda memberikan hasil stock opname ke bagian accounting untuk dilakukan adjusment stock. Proses pengecekan stok selesai dilakukan.

Pada tahap ini bisa dibilang proses stock opname. Pada proses melakukan stock opname, anda dapat lebih terbantu dengan adanya peralatan scanner barcode, cetak barcode dan berbagai peralatan penunjang lainnya. Hubungi kami disini untuk mendapatkan peralatan yang sesuai dengan perusahaan anda. Kami juga memiliki tim teknis yang siap membantu dalam segi konsultasi pada masa pra dan pasca penjualan. Silahkan hubungi kami dengan klik disini atau kunjungi website kami disini.