NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Membuat Contoh Kartu Pelajar Dengan MS Word, Begini Caranya
Mar 2nd, 2019
GENERAL

IDcard atau kartu pengenal sangat penting karena merupakan identitas yang berisi informasi tertentu mengenai orang yang memakainya. Kartu pengenal biasa dipakai oleh pelajar, mahasiswa, karyawan perusahaan atau institusi tertentu. Contoh kartu pelajar yang biasa kita temui di peruntukkan bagi mereka yang masih di usia sekolah. Selain sebagai ID card yang berkaitan urusan sekolah, kartu pelajar juga digunakan sebagai tanda pengenal bagi mereka yang belum memiliki KTP.

Bisa dikatakan hampir semua sekolah pasti mencetak kartu pelajar bagi siswanya. Kerap dilakukan perubahan desain antar angkatan untuk perbedaan. Untuk itu perubahan desain harus dilakukan, Ada cara mudah untuk melakukan desain kartu pelajar yakni dengan MS Word Cukup sederhana caranya yaitu seperti berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Kartu Pelajar Menggunakan Word

Siapkan Sofware-nya

Pembuatan kartu pelajar dengan memakai program Word membutuhkan beberapa software yaitu Excel yang berfungsi sebagai database. Selanjutnya kita membutuhkan Power Point yang nantinya digunakan untuk membuat template desain kartu pelajar sedangkan yang ketiga adalah Word. Fungsi dari Word adalah untuk memuat contoh kartu pelajar yang siap untuk dicetak.

Buat Template Menggunakan MSPower Point

Setelah semua software yang dibutuhkan siap Anda bisa mulai dengan langkah pertama yaitu membuat template dari kartu pelajar yang akan dibuat. Keahlian yang dibutuhkandalam tahap ini hanyalah kemampuan untuk memadupadankan warna. Buatlah template contoh kartu pelajar untuk bagian depan terlebih dahulu dengan memilih gambar yang sesuai kemudian edit sesuai kebutuhan.

Mengedit Foto Menggunakan Power Point

Langkah selanjutnya adalah mengedit foto masih menggunakan Power Point. Kartu pelajar dan ID card yang lainnya biasanya memang ada foto di dalamnya jadi jangan sampai dilupakan.

Caranya sebagai berikut siapkan dulu folder penyimpanan foto kemudian lakukan pengeditan dengan menggunakan fitur pada Power Point yaitu insert foto. Kemudian sesuaikan ukurannya dengan contoh kartu pelajar yang ada. Setelah itu simpanlah foto-foto tersebut dalam format jpeg dalam folder yang telah disiapkan tadi.

Masukkan Data Diri MenggunakanExcel

Dalam kartu pelajar pastilah ada informasi atau data mengenai siswa yang bisa dimasukkan dengan menggunakan program Excel. Caranya adalah buatlah kolom yang berisi NIS, nama, alamat, tempat tanggal lahir dan juga jurusan dengan menggunakan Excel seperti biasa.

Selanjutnya adalah buat link untuk foto pada kolom yang berikutnya kemudian klik insert, pilih hyperlink dan arahkan menuju folder foto yang akan dipakai. Ulangi langkah yang sama untuk semua baris sampai selesai.

Membuat Aplikasi Contoh Kartu Pelajar Menggunakan Word

Langkah yang terakhir dalam membuat desain kartu pelajar adalah mengolahnya dengan menggunakan program Word. Beberapa hal yang harus Anda lakukan pada tahap ini antara lain membuat template dan latar belakang, menginput identitas dari siswa, memasukkan data dari program Excel menggunakan mail merge. Terakhir adalah memasukkan foto juga mail merge. Langkah ini sebenarnya mudah saja hanya memerlukan kesabaran dan sedikit ketelitian.

Desain sudah bagus, jangan lupa untuk mencetaknya dengan mesin yang bagus pula. Asal dalam memilih alat cetak dapat mengakibatkan hasil cetakan berbeda jauh dengan desain yang telah anda buat. Jika anda membutuhkan alat cetak yang dapat mencetak sekaligus menginput data untuk masuk kedalam kartu identitas, anda dapat menghubungi kami disini. Anda dapat mengkonsultasikan bidang usaha dan kebutuhan anda untuk mendapat mesin cetak yang tepat.