NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Lupakan Cash! Inilah Keuntungan Sistem Pembayaran Digital
Dec 7th, 2018
GENERAL

Beragam sistem pembayaran dapat mudah Anda temukan saat bertransaksi di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Anda dulunya terbiasa menggunakan cash untuk melakukan pembayaran, bukan? Namun Cash jarang digunakan untuk melakukan pembayaran di era modern seperti sekarang ini dan mulai beralih ke cara pembayaran digital untuk bertransaksi.

Mulai dari berbelanja di supermarket hingga makan di restoran tertentu, Anda akan disuguhkan melakukan pembayaran digital dibandingkan cash. Cara pembayaran digital tentunya menawarkan banyak keuntungan, salah satunya adalah praktis. Mau tahu apa saja keuntungan menggunakan cara pembayaran digital? Simak beberapa keuntungannya berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Sistem Pembayaran Digital


Lebih Murah Dan Praktis

Masyarakat millennial merasakan sendiri bahwa sistem pembayaran digital dinilai lebih murah dan praktis dan memberikan banyak keuntungan dibandingkan pembayaran tunai. Anda hanya perlu menggesek kartu atau memindai barcode lewat aplikasi di smartphone Anda untuk melakukan transaksi kepada penjual atau pembeli.

Tentunya cara ini sangat efektif dibandingkan harus mengambi uang di dompet atau tas Anda. Anda juga tidak perlu bersusah payah menghitung kembalian dari transaksi Anda. Jumlah nilai transaksi Anda umumnya akan detail tanpa ada pengurangan tertentu seperti uang ekstra ilegal yang seringkali tidak dikembalikan.

Keamanan Bertransaksi

Sistem pembayaran digital tentunya tidak luput dari kejahatan atau peretas digital. Hal tersebut dijadikan suatu alasan khusus untuk memperbarui sistem keamanan pada digital payment sehingga dinilai jauh lebih aman dari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar memberikan kenyamanan serta ketenangan bagi konsumen saat melakukan transaksi.

Salah satu cara dari sistem keamanan yang digunakan dalam digital payment yaitu menggunakan signature atau tanda tangan pemilik hingga permintaan berupa password khusus yang terhubung dengan ponsel Anda melalui pesan singkat atau surat elektronik. Sistem keamanan pada digital payment tentunya akan selalu diperbarui dari waktu ke waktu.   

Kecepatan Bertransaksi

Sistem pembayaran digital termasuk dalam real time transaction. Apabila Anda melakukan transaksi pada saat tertentu, maka uang Anda akan diterima oleh pihak yang bersangkutan pada saat itu juga tanpa melalui banyak proses rumit yang memakan waktu.

Hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda yang terdesak untuk melakukan pembayaran, misalnya tagihan listrik, air, dan uang sekolah. Kecepatan bertransaksi sistem pembayaran digital juga cocok bagi Anda yang membuka bisnis sampingan toko online. Hal tersebut tentunya sangat menghemat waktu Anda sehingga dapat digunakan untuk aktivitas lainnya.

Data Keuangan Lebih Teratur

Dibandingkan sistem pembayaran tunai, digital payment dinilai jauh lebih detail dan tertata rapi. Anda dapat dengan mudah mengetahui mutasi transaksi Anda saat membeli sesuatu. Anda sangat dibantu dalam memantau data pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda.  data transaksi Anda secara transparan akan diberitahukan melalui e-mail atau akun lainnya.

Dapat Digunakan Untuk Berbagai Layanan

Beragam sistem pembayaran digital dapat Anda temukan mulai dari kartu kredit, internet banking, dompet digital yang menggunakan barcode¸ mobile banking, dan uang elektronik. Satu aplikasi digital payment dapat digunakan untuk berbagai hal misalnya transfer uang ke sesama atau antar bank, membeli barang online, dan membayar tagihan tiap bulan.

Nah, keuntungan melakukan pembayaran digital sangat banyak, bukan? Apabila Anda tertarik berbisnis dengan menggunakan pembayaran digital, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan AIDC dengan teknologi barcode dan RFID, salah satunya PT. ION INDOTEK. Konsultasi dan pelayanan maksimal serta berkualitas mengenai sistem pembayaran digital di PT. ION INDOTEK.