NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Lihat Keuntungannya Jika Menggunakan Label Barcode dalam Bisnis
Nov 15th, 2018
AIDC

Label barcode telah tersebar secara luas penggunaannya bahkan menjadi hal penting dalam peradaban modern saat ini. Dimana penggunaan ini ditunjukkan dengan semua barang yang menggunakannya dalam membantu pelacakan dan penjualan item di departemen store sampai toko grosir.

Tidak hanya barang, bahkan sebuah kartu keanggotaan di toko ritel, atau pemesanan bagasi maskapai pesawat di boarding pass, juga sudah menerapkan sistem barcode untuk proses identifikasi-nya. Bahkan telepon genggam yang ingin terhubung ke situs web, kadang kala juga menggunakan sistem ini, maka akan jadi sangat aneh jika Anda tidak terapkan pada bisnis Anda.

Karena banyaknya penggunaan barcode ini, maka jelas ada banyak pula keuntungan dan keunggulan yang didapat. Jadi tidak ada ruginya, jika ingin menerapkan sistem barcode untuk mengembangkan bisnis Anda, karena selain meningkatkan keakuratan dan kecepatan dalam metode penjualan, penggunaan barcode juga memiliki keuntungan lain. 

Keuntungan Menggunakan Label Barcode




Akurasi


Ketika teknologi yang belum canggih dahulu, banyak orang yang menggunakan cara manual dalam memasukan informasi soal produk, seperti nama dan harga. Harga produk ditulis dengan tangan dan ditempelkan pada barang, sementara untuk menjumlahkan harga, mereka menghitungnya dengan kalkulator atau otak sendiri. Tentu cara tersebut rentan terhadap kesalahan karena keterbatasan manusia. 

Berbeda jika menggunakan label barcode, karena sistem ini menyampaikan keakuratan informasi dan perhitungan yang hebat. Sehingga mampu meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh manusia dalam menginput data secara manual. Karenanya, sistem barcode sangat menguntungkan diaplikasikan dalam dunia bisnis.

Kecepatan


Masih dalam memasukan informasi atau data produk, yang bisa menghabiskan waktu lama jika dilakukan dengan cara manual. Namun, tahap ini bisa dilakukan dengan cepat jika menggunakan barcode, yaitu hanya dalam hitungan menit saja. 

Inventory Control


Jika proses registrasi barang dilakukan dengan label barcode, maka perhitungan barang keluar dan masuk jika bisa dihitung melalui barcode. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mengelola dan memperkirakan ketersediaan barang selama proses penjualan. 

Dalam dunia bisnis, data inventory adalah nyawa bagi mereka, sehingga perlu didata dengan benar tanpa adanya kekeliruan. Oleh karena itu, penerapan barcode yang menjanjikan keakuratan merupakan cara paling baik untuk mengatur inventory ini.

Mudah Digunakan


Saat mulai menerapkan teknologi baru, kadang orang suka tidak mau karena rumitnya cara penggunaan. Tetapi implementasi teknologi label barcode ini sebenarnya sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan buang-buang waktu untuk belajar lama-lama. Biasanya, alat untuk scanning barcode sudah diatur dalam software tertentu dan Anda hanya perlu menggunakannya.

Biaya


Penggunaan barcode pun tidak akan memakan biaya besar, sehingga bisa digunakan untuk skala bisnis apapun, bahkan untuk bisnis rumahan. Karenanya, tidak akan rugi jika Anda mencoba teknologi ini untuk memudahkan bisnis Anda.

Meningkatkan Pelayanan


Anda tentu sering lihat, pelayanan di toko-toko yang menggunakan sistem label barcode di kasirnya cenderung lebih cepat dibandingkan toko yang menerapkan sistem manual. Selain itu, mereka bisa lebih akurat dalam menghitung harga barang dan mampu mengurangi jumlah antrian yang mengeluhkan pelayanan toko. 

Jadi tidak salah lagi jika penggunaan barcode akan sangat menguntungkan dalam dunia bisnis. Jika Anda mulai tertarik menerapkan sistem ini, kami adalah PT ION Indotek yang bergerak di bidang Automatic Identification and Data Capture, siap membantu Anda dalam menawarkan solusi lengkap identifikasi otomatis label barcode yang inovatif dan efisien. 

Kami juga menyertakan layanan konsultasi tentang pra dan pasca penjualan bisnis dengan tim teknis yang berpengalaman. Jadi, segera hubungi kami atau lihat info lebih lanjut di http://www.pt-ion.com/.