NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Lakukan Tips Praktis Ini agar Mudah dalam Melakukan Stock Opname
Oct 1st, 2018
AIDC

Stok opname dibutuhkan untuk menyesuaikan data barang yang tersimpan dengan data dari bagian akuntansi. Ini dilakukan untuk menghindari stok barang berlebih dan adanya pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Serta mempermudah pembuatan rencana pemesanan barang. Dikarenakan proses penghitungan cukup rumit diperlukan kiat untuk membuatnya lebih mudah. Berikut ini keterangan lanjutnya.

Tips Melakukan Stock Opname yang Mudah dan Efisien




Lakukan Pengecekan Ulang


Supaya data yang didapat akurat, maka perhitungan ulang perlu dilakukan, hal ini berguna untuk mengecek bila saja ada kesalahan. Untuk memudahkan beri tanda pada barang yang sudah dihitung. Jika dirasa perhitungan sudah sesuai, buat laporan hasil penghitungan. Lalu berikan ke bagian akuntansi untuk dilakukan perbandingan data dengan pembukuan.

Pekerjakan Staf yang Sesuai


Proses stok opname memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam pengerjaan nya. Selain staf gudang, libatkan staf lain agar kemampuan mengenali dan memahami produk yang dijual semakin meningkat. Lakukan pengarahan dan instruksi kan untuk menghentikan proses perpindahan barang agar data yang akan rekap tidak mengalami perubahan hingga proses penghitungan selesai.

Buat Jadwal untuk Melakukan Stock Opname Berkala


Penghitungan stok perlu dilakukan secara teratur baik itu tiap bulan atau beberapa bulan sekali. Lebih baik bila penghitungan dilakukan sebelum waktu transaksi besar-besaran terjadi, seperti ketika beberapa minggu sebelum hari besar atau hari libur. Sesuaikan jadwal penghitungan stok dengan jadwal operasional toko. Informasikan jadwal penghitungan kepada staf agar bisa dilakukan langkah antisipasi.

Apabila tidak menghendaki jadwal pelaksanaan stok opname yang dapat menambah jam kerja atau mengganggu operasional toko. Maka metode yang bisa dipakai ialah cycle caunting. 

Metode ini intinya, perhitungan barang dilakukan setiap hari atau minggu. Perhitungan yang berkesinambungan dapat mengurangi beban kerja, dapat mendeteksi kesalahan data lebih cepat, dan menangani masalah dalam stok dengan lebih tanggap.

Manfaatkan Teknologi


Teknologi mempermudah dan membuat penghitungan lebih tertata. Manfaatkan scanner untuk mendata barang stok. Bisa juga dengan memakai sistem POS (point of sale), sistem ini dapat membantu inventaris barang-barang. Pengoperasian sistem POS membutuhkan perangkat yang sudah dipasangi sistem. Setiap stok yang dihitung dimasukkan dalam sistem. Kemudian sistem akan melakukan perekapan data stok.

Penandaan Tempat dan Barang


Beri tanda pada rak agar mudah dikenali. Kategorikan rak sesuai dengan keperluannya. Rak yang ditandai akan memudahkan dalam menata barang stok. Setelah itu kelompokkan barang pada setiap rak atau tempat sesuai kategorinya. Sehingga tidak ada barang yang berada ditempat yang salah. Supaya pendataan dan penghitungan barang tidak mengalami kesalahan.

Labeli barang sesuai dengan jenisnya. Bisa dengan memakai tag atau stiker. Ini akan membuat proses penghitungan berjalan dengan lebih lancar. Gunakan barcode pada tiap barang yang disimpan agar proses pendataan dengan komputer bisa dilakukan. Melakukan hal tersebut akan membuat proses stok opname berjalan secara efektif tanpa membuang banyak waktu dan tenaga.

Penggambaran Tempat Penyimpanan




Gudang yang besar membutuhkan denah sederhana agar mudah dalam mencari barang dan menandai bagian dari tempat penyimpanan. Cara ini bermanfaat untuk memudahkan dalam mencari barang dan bisa menjadi penanda barang dimana saja yang sudah dilakukan penghitungan. Penggambaran tempat dapat membantu staf baru yang belum familiar dengan gudang untuk menjalankan proses penghitungan.

Proses stok opname yang dijalankan tanpa pertimbangan akan membuat proses berjalan lambat dan tidak efisien. Agar proses penghitungan berjalan dengan baik perlu dibuat peta sederhana dari gudang, lakukan penghitungan dengan teratur, beri tanda pada benda serta tempat barang disimpan, buat kelompok staf untuk menjalankan penghitungan, dan manfaatkan teknologi yang bisa membantu proses lebih cepat.

ION indotek bergerak dibidang AIDC, bidang ini meliputi penyediaan barcode, RFID, produk scanner, dan lainnya. Industri seperti logistik, gudang, supermarket, dan banyak lainnya. Dapat memetik manfaat dari teknologi ini. Pemanfaatan teknologi ini dapat dicontohkan dengan stok opname, pemakaian scanner dan barcode dapat membuat proses menjadi lebih cepat. Ingin mencoba? Hubungi kontak untuk info dan pembelian.