NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Kode Barcode ada Banyak Jenisnya lho, Simak Ulasan Lengkapnya Di Sini
Nov 1st, 2018
AIDC
Kode barcode dapat mempermudah proses pendataan dan identifikasi dengan cepat dan efisien. Barcode banyak digunakan pada produk kemasan, tiket, tanda pengenal, dan lain sebagainya. Barcode mempunyai 2 jenis yakni 1 dimensi dan 2 dimensi, setiap jenis barcode memiliki macam yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya tentang jenis barcode

Jenis Kode Barcode 1 Dimensi yang Sering Di Pakai



Kode UPC


Kode ini terdiri dari UPC A dan UPC E. Kode UPC A dibuat tahun 1971, berisi 12 digit. Pada digit pertama tentang jenis produk, 5 digit di bagian kedua tentang informasi produk, dan 5 digit bagian akhir tentang informasi produk. 
UPC E bentuk lebih singkat dari UPC A. UPC E digunakan pada benda yang tidak bisa memuat kode UPC A. Kode UPC A dan UPC E banyak dipakai untuk Point of Sales di perusahaan retail atau gudang.

Kode 39


Kode barcode ini banyak digunakan untuk pengkodean barang di banyak negara. Panjang dari digit kode ini adalah 39 digit. Pada perkembangan digit kode ini bertambah menjadi 43. Kode ini diawali dengan tanda (*) sebagai start dan tanda (*) lagi di akhir kode sebagai stop. Kode ini dapat mengenali huruf besar, angka, dan karakter tambahan. Kode ini digunakan pada pabrik, logistik, asset tracking, tanda pengenal, dan lain-lain.

Interleaved 2 of 5


Kode barcode yang mulai digunakan pada tahun 1960 ini terdiri dari barisan angka dengan panjang digit yang beragam. Dikenal dengan “2 of 5” karena setiap 5 digit akan ada 2 garis yang tebal dan 3 garis tipis. Digit angka dalam kode ini harus berjumlah genap. Kode ini dapat di pakai pada barang gudang, tiket pesawat, laboratorium, dan banyak lainnya.

Kode 128


Kode ini dapat berisi angka dan huruf. Kode ini bisa memiliki panjang yang bermacam-macam. Kelebihan kode ini adalah kemampuannya untuk memuat banyak data dan memadatkannya menjadi kecil. Dalam melakukan kode dua arah, kode ini memiliki karakter untuk start dan stop yang khas. Kode ini dapat diaplikasikan untuk industri pengiriman barang, pergudangan, perusahaan transportasi, dan lainnya.

Jenis dari Kode Barcode 2 Dimensi


Kode Datamatrix


Barcode ini dikenal sejak tahun 1994. Ukuran terkecil barcode ini 2,5 mm, akan tetapi barcode ini dapat mengodekan data dalam jumlah tak terhitung. Sehingga ukuran barcode menjadi bervariasi. 

Pemakaian barcode ini dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam membaca kode. Jenis barcode ini masih bisa terbaca sekalipun mengalami kerusakan sampai 60%. Kode ini dapat digunakan dalam berbagai keperluan.

Kode QR


Kode Barcode ini dapat melakukan pengkodean dalam jumlah banyak mulai dari huruf, angka, dan karakter lainnya. Kode QR terlihat seperti kumpulan sel berwarna hitam putih. Kode ini sangat rapat. Kode QR dapat dibaca dalam posisi 360 derajat. Kode ini dapat di baca dengan akurat meskipun terjadi kerusakan. Banyak digunakan untuk kode pembayaran, pengenkripsian data, iklan, dan industri lainnya.

PDF417


Barcode jenis ini mulai diperkenalkan tahun 1991. Barcode ini tersusun atas 3 sampai 90 baris. Jenis ini berbentuk garis lurus yang bertumpuk dan memanjang. 

Dalam barcode ini ada 1 baris yang sama dengan tipe barcode 1 dimensi, sebab barcode mempunyai 4 garis yang tegak dan spasi berbentuk 17 kesatuan yang bentuknya memanjang. Kode ini digunakan dalam kartu identifikasi, inventori gudang, transportasi dan lainnya.

Kode AZTEC


Kode barcode ini masih bisa terdeteksi meskipun gambar kode ini beresolusi jelek. Jadi, sekalipun kualitas tampilan kode tidak jelas perangkat akan tetap bisa membacanya. Kode jenis ini dapat dipakai dalam bidang transportasi terutama tiket pesawat.

Jenis dari kode barcode ada yang berupa 1 dimensi dan 2 dimensi. Barcode 1 dimensi terdiri dari kode 39, kode 128, interleaved 2 of 5, dan kode UPC. Sedangkan barcode 2 dimensi terdiri dari kode QR, AZTEC, PDF471, dan kode datamatrix. Pada setiap barcode punya bentuk dan kemampuan pengkodean yang berbeda-beda.

ION indotex adalah perusahaan yang menjalankan bisnis di bidang AIDC. Perusahaan ini menawarkan sistem identifikasi dengan menggunakan barcode dan RFID. Teknologi ini bisa sangat membantu dalam berbagai bidang industri produk, pergudangan, retail, dan bidang industri lainnya. ION indotex menawarkan pelayanan maksimal. Untuk mendapat manfaat teknologi ini, hubungi kontak kami untuk info dan pembelian.