NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Ketahui Cara Membuat Label Produk yang Lebih Berkualitas
Jan 8th, 2019
GENERAL

Label produk adalah sarana untuk memberikan informasi penting tentang suatu barang. Dari label itulah konsumen atau orang lain akan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Jika produk berupa makanan maka dari label itulah pembeli bisa mengetahui bahan-bahan pembuatnya, nilai gizi, tanggal kadaluarsa dan sebagainya.

Kalau produk berupa perawatan wajah atau skin care maka label akan berisikan informasi tentang cara penggunaan, kandungan, bahan pembuat dan beberapa hal penting lainnya. Mengingat sebegitu pentingnya peran label produk maka produsen sangat disarankan untuk membuatnya lebih komunikatif. Selain itu sebaiknya buatlah label yang bisa sekalian menjadi “penanda” bagi produk yang hanya dalam sekali melihat saja konsumen mengenalinya.

Ternyata memang membuat label untuk sebuah produk bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap enteng. Pembuatan label yang direncanakan dengan matang dari awal akan lebih efektif dan berkualitas sehingga akan menguntungkan bisnis Anda. Lalu bagaimana cara agar kita bisa membuat label produk yang bagus dan berkualitas tersebut. Simak jawabannya dibawah ini.

Cara Untuk Membuat Label Produk yang Berkualitas


Desain yang Tepat

Bisa dikatakan semua berawal dari desain label produk itu sendiri. Karena label bisa juga dijadikan sebagai alat branding dari produk maka fungsinya adalah untuk membuat orang mengenalinya. Setelah itu diharapkan orang akan dengan mudah mengingat produk tersebut.

Nah, untuk itulah dibutuhkan desain label yang unik dan berbeda dengan yang lain. Produk Anda tidak mungkin menjadi satu-satunya di pasaran jadi agar orang lebih mudah mengingat dan kemudian akan membeli buatlah desain label yang berbeda dengan pesaing.

Pilihan Warna

Selain desain hal yang juga harus dipertimbangkan adalah pilihan warna yang akan digunakan dalam label produk tersebut. Ada baiknya sebelum menentukan warna apa yang akan dipilih Anda melakukan sebuah riset terlebih dahulu terhadap produk pesaing.

Perhatikan baik-baik warna-warna label pada produk mereka setelah itu pilihlah warna yang cenderung tidak sama dengan mereka. Nantinya warna yang berbeda akan membuat orang lebih memperhatikan saat produk Anda berada bersama barang yang sejenis dari pesaing.

Pemilihan Font atau Huruf          

Kalau diperhatikan ada beberapa produk yang dari segi desain dan pemilihan warna sebenarnya mirip dengan yang lainnya hanya saja yang membedakan adalah bentuk tulisannya. Ya, pemilihan jenis font atau huruf ternyata juga bisa membuat label produk milik kita tampil beda dengan pesaing.

Tidak bisa dipungkiri pemilihan jenis font yang tidak sama dengan umumnya yang digunakan orang akan membuat pembeli akan lebih mudah mengingatnya. Sesuatu yang berbeda akan lebih mudah disimpan oleh pikiran bawah sadar manusia. Ini artinya bisa membangun awarness terhadap produk Anda. Tapi pastikan tulisan tetap mudah dibaca.

Pencantuman Kontak

Jangan lupa bahwa saat ini kita hidup di era internet, era visual dimana penggunaan media sosial sudah menjadi kebutuhan. Mengapa tidak menggunakan label produk sebagai jembatan konsumen untuk masuk ke media sosial dalam bisnis Anda.

Dengan mencantumkan alamat website resmi ataupun sosial media seperti Facebook, Twitter atau Instagram bisnis Anda maka secara tidak langsung akan semakin banyak orang yang akan lebih mengenal produk Anda.

Pemilihan Gambar

Satu gambar bisa mewakili banyak kata sehingga pemilihan yang tepat dengan jenis produk Anda akan menguntungkan bisnis Anda. Pilihlah gambar untuk label produk yang sesuai dengan karakter dan segmen pasar dari bisnis Anda. Misalnya jika segmen pembeli adalah anak-anak pakailah gambar superhero yang sedang terkenal.

Label produk akan mewakili barang yang Anda jual apakah akan membuat orang tertarik membelinya atau tidak. Anda bisa melihat beberapa desain label yang menarik disini.