NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Jangan Salah! Ternyata Ini Pengertian Label Barcode dan Macam-Macam Tipenya
Oct 12th, 2018
AIDC

Setiap bisnis, organisasi, dan institusi dari berbagai industri tidak bisa terlepas dari peran penting dari label barcode. Apakah pengertian label barcode itu? Kode bar merupakan teknologi palung murah, namun sangat efektif dalam pengumpulan data. Baik itu untuk inventaris atau manajemen aset, tiket, ritel, identifikasi pasien, iklan, dan banyak lagi lainnya.

Barcode sendiri terdiri dari dua jenis. Kode 1D atau yang juga dikenal sebagai kode tradisional, berupa garis dan spasi klasik pada suatu produk. Sementara yang lain, adalah kode 2D atau QR Code. Untuk membaca barcode, kita membutuhkan pemindai berupa aplikasi smartphone atau aplikasi khusus. Demikian pula untuk mencetak label barcode.

Jenis Printer Label Barcode




Printer Desktop


Setelah mengetahui apa pengertian label barcode, Anda harus mempelajari beberapa jenis printer barcode. Yang pertama ada printer desktop. Printer ini lebih kecil ketimbang printer kantoran pada umumnya. Printer jenis ini cocok untuk ruangan yang sempit dan bisnis yang tak perlu mencetak barcode dalam jumlah tinggi setiap hari.

Printer Industri


Ini merupakan printer untuk mencetak barcode dalam jumlah yang lebih banyak, dengan kecepatan tinggi, dan dapat beroperasi selama 24/7. Hal ini untuk memastikan pengoperasian manufaktur Anda tak berhenti sama sekali. Printer yang satu ini biasanya dilengkapi juga dengan fitur, seperti media hangers, rewinders, dan peelers.

Printer Seluler


Jenis printer yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mencetak label barcode di mana saja. Printer ini memiliki ukuran yang kecil, namun daya tahannya lama, dan bisa bertahan dari segala kondisi di luar ruangan. Terlepas dari pengertian label barcode, Anda bisa menggunakannya di sejumlah bidang, termasuk transportasi dan logistik.

Langkah Mudah Membuat Label Barcode




Pilih Kode Produk Anda


Untuk membuat label barcode, pertama-tama Anda harus memiliki kode produk unik yang dapat mengidentifikasi dan melacak produk Anda. Sebagian besar pebisnis menggunakan nomor UPC atau nomor SKU untuk melacak item inventaris dan kemudian membuat barcode untuk label mereka.

Pengertian label barcode UPC adalah yang Anda temukan di sebagian besar produk dan ditempatkan oleh produsen. Untuk mendapatkan kode ini, produsen harus mendaftar menggunakan Global Standard 1 (GS1) dan mereka menerima 8 hingga 12 digit kode unik guna mengidentifikasi dan melacak produk mereka di seluruh dunia.

Sedangkan nomor SKU adalah kode yang sering digunakan oleh pengecer atau penjual e-commerce yang menyimpan barang dari beberapa pemasok dan mereka ingin melacak produk-produk tersebut menggunakan sistem penomoran umum.

Buat Barcode untuk Masing-Masing Produk


Ada tiga cara sederhana jika ingin membuat kode bar untuk setiap produk Anda. Yang pertama adalah dengan menggunakan sistem retail POS. Selain itu Anda juga bisa mengaplikasikan pengertian label barcode dengan mengunjungi situs generator barcode. Dan yang terakhir menggunakan jasa portable barcode label maker.

Cetak Label Barcode Anda


Jika Anda membuat label kode bar dengan POS ritel, pengelolaan pesanan e-commerce atau dokumen perangkat lunak, Anda harus menggunakan printer dan lembaran label atau gulungan label untuk mencetak barcode Anda. Namun apabila Anda lebih memilih menggunakan layanan percetakan situs label, maka Anda tak membutuhkan langkah ini.

Apakah Anda masih belum mengerti apa pengertian label barcode dan kegunaannya? Mengapa tidak mempercayakan permasalahan Anda pada PT ION Indotek? Sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri di bidang AIDC (Automatic Identification and Data Capture), ION Indotek menawarkan berbagai solusi mengenai sistem identifikasi otomatis paling inovatif. Anda bisa mengunjungi situs kami di http://www.pt-ion.com/.