NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Inilah Pengertian Label yang Harus Diketahui dalam Usaha
Feb 10th, 2019
GENERAL

Pengertian label perlu diketahui agar bisa memahami sejauh mana ia penting untuk digunakan pada sebuah kemasan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang akan memulai usaha yang memerlukan label. Label sendiri merupakan salah satu bagian dari produk yang menyajikan informasi terkait produk. Bisanya penempatannya berada di badan produk maupun di packaging produk.

Label produk ini mampu memberikan informasi singkat dan jelas kepada para konsumen tentang sebuah produk. Di sana akan diberikan keterangan yang direpresentasikan dalam bentuk gambar maupun kata-kata. Bahkan hal ini dilengkapi dengan informasi mengenai penjualnya. Biasanya label pada sebuah produk akan berupa merek dan juga nama sebuah produk.

Berbagai Representasi dari Pengertian Label yang Perlu Dipahami

Makna Label Pada Kemasan

Ketika memahami pengertian label, maka harus turut diketahui maknanya secara lebih jelas. Label memiliki makna sebuah keterangan yang berisikan informasi mengenai bahan baku, komposisi, informasi gizi, tanggal kadaluarsa, keterangan legalitas sampai pada isi produk. Secara sederhananya bisa dikatakan bahwa label produk sudah menjadi hal umum ditemukan dalam kemasan.

Penggunaan label sendiri memang bukan hal yang ada tanpa aturan. Di Indonesia hal yang menyangkut penyematan label di dalam sebuah produk sudah diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 1996. Undang-undang tersebut berisikan aturan mengenai pangan. Dengan memperhatikan ketentuan yang ada, diharapkan tidak ada lagi pemilik brand yang menyalahi aturannya.

Fungsi Label Sebuah Produk

Terlepas dari pengertian label sendiri, maka perlu juga diketahui fungsi label yang sebenarnya. Untuk fungsinya memang tidak hanya satu melainkan ada 3 yang paling utama. Adapun fungsi yang dimaksud adalah, pertama sebagai bentuk perlindungan.

Jelas bahwa label dibuat sebagai bentuk adanya perlindungan dari pemerintah kepada setiap konsumen yang akan maupun yang sudah membelinya. Selanjutnya, fungsi yang kedua adalah untuk memudahkan konsumen saat melakukan pemilihan, membeli ataupun melakukan penelitian terhadap produk dengan sebaik-baiknya. Label yang dilekatkan pada produk ini bisa berupa informasi tentang produk itu sendiri.

Dari informasi mengenai pengertian label yang ada, maka konsumen diharapkan dapat lebih paham bahwa produk tersebut sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah diberlakukan. Dengan demikian, konsumen lebih bijaksana dalam hal membeli produk apa saja termasuk produk pangan dan juga obat.

Berikutnya, fungsi yang ketiga adalah sebagai jaminan barang untuk  konsumen. jika masyarakat mempunyai keraguan dengan produk maupun barang,  maka dengan keberadaan  label, semua itu tidak akan menjadi masalah. Keberadaan label memang sudah menjadi jaminan bahwa produk yang bersangkutan tidak berbahaya dan tentu saja aman digunakan maupun dikonsumsi.

Pentingnya Penggunaan Label

Pentingnya penggunaan label tentu bukan menjadi rahasia lagi. Selain menjadi sebuah ketentuan yang sudah diatur, penggunaan label juga harus turut memperhatikan banyak hal. Ketika Anda memulai usaha, bukan hanya memahami pengertian label tetapi juga hal yang menyangkut bagaimana bisa mendapatkan label yang bagus.

Artian bagus di sini tentu label yang benar-benar bisa merepresentasikan tentang produk yang bersangkutan. Nah, lantas bagaimana bisa mendapatkan hasil cetak label produk terbaik? Untuk mendapatkannya anda memerlukan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan label produk yang anda akan cetak. Anda dapat membelinya di PT ION Indotek. Disini anda akan mendapat layanan konsultasi sebelum pembelian pada teknisi yang telah terpercaya sehingga anda tidak salah dalam memilih alat cetak label sesuai kebutuhan anda. Hubungi PT ION Indotek disini atau kunjungi websitenya disini.