NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Inilah Cara Membuat Label Dengan Program Excel
Mar 4th, 2019
GENERAL

Dalam keseharian kita sering melihat berbagai macam jenis label misalnya pada kemasan produk, pada undangan, pada buku dan masih banyak lagi. Mungkin ada beberapa diantara kita yang sudah paham betul bagaimana cara membuat label sesuai dengan kegunaannya. Tetapi pastinya masih banyak juga yang sama sekali belum tahu atau belum pernah membuat label. Kalaupun sudah pernah mungkin hanya sebatas label yang sudah jadi dimana tinggal menulis saja di atasnya.

Membuat label bisa dilakukan dengan beberapa program yang sebenarnya sudah tidak asing bagi kita. Sebagai contoh kita bisa membuat label dengan menggunakan photoshop, MS Excel atau dengan mengunduh aplikasi yang ada di perangkat mobile seperti Android. Kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara membuat label dengan menggunakan program office MS Excel. Selama ini mungkin kita hanya tahu program Excel sebagai alat untuk membuat tabulasi saja.

Untuk bisa membuat label dengan menggunakan program Excel sebenarnya tidak susah susah amat. Agar Anda bisa mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Label Menggunakan Program Excel



Siapkan Sheet Excel Untuk Menggabungkan Surat

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam tahapan cara membuat label dengan menggunakan Excel adalah menyiapkan sheet atau lembar kerja yang akan digunakan sebagai tabel atau tabulasi. Yang perlu diperhatikan adalah sebelum melakukan penggabungan surat pastikan daftar alamat sesuai dengan syarat pada penggabungan surat.

Lakukan Pengaturan Label Dengan Word

Selanjutnya adalah melakukan pengaturan label dengan menggunakan program Word. Meskipun label yang akan Anda buat jumlahnya banyak tetapi dalam tahap ini Anda cukup melakukan pengaturan sekali saja pada tata letak label. 

Gunakan dokumen utama dalam penggabungan surat. Dokumen utama ini nantinya bisa Anda atur kontennya misalnya logo perusahaan atau alamat. Lakukan sekali saja pengaturan selanjutnya Anda bisa mengulangi hal yang sama untuk setiap label.

Koneksikan Label Dengan Sheet Pada Excel

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat label yang selanjutnya adalah menghubungkan atau mengkoneksikan label ke dalam sheet lembar kerja pada program Excel. Caranya sebagai berikut klik file? opsi? tingkat lanjut? umum? centang pada kotak konfirmasi konversi format? OK. Lalu selanjutnya adalah klik surat?pilih penerima? gunakan daftar yang ada.

Setelah itu carilah sheet Excel pada kotak pilih sumber data? klik ganda/dobel klik. Cari kotak konfirmasi sumber data? lembar kerja Excel (*.xls)? OK. Kemudian pilih lembar kerja atau sheet yang akan digabungkan dan klik OK.

Langkah Terakhir (Finishing)

Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan artinya kita sudah sampai pada tahap akhir dalam cara membuat label dengan Excel. Yang harus Anda lakukan dalam tahap akhir ini antara lain lihat pada pratinjau untuk mengetahui apakah label sudah terdesain dengan benar atau belum. 

Setelah itu Anda harus menyelesaikan tahap penggabungan kemudian lakukan pencetakan label. Jangan lupa untuk menyimpan label dalam file Anda agar bisa dipakai lagi di lain waktu. 

Cukup mudah bukan untuk bisa membuat label dengan menggunakan program Excel yang ada pada perangkat PC di rumah atau kantor Anda. Cara membuat label ini bisa Anda ulangi sesering mungkin agar Anda semakin mahir. Label yang dibuat bisa digunakan untuk menuliskan harga pada barang yang Anda jual, bisa juga sebagai tempat menuliskan nama dan alamat pada undangan. 

Setelah membuat desain yang bagus dan sesuai, Jangan lupa untuk mencetaknya dengan mesin yang tepat. Salah-salah, label yang dicetak dapat berbeda dari desain yang telah dibuat di komputer. Pilih alat yang tepat, anda dapat berkunjung ke situs kami dengan klik disini untuk mencari alat cetak yang sesuai. Atau hubungi teknisi berpengalaman kami disini untuk mendapatkan referensi alat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.