NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Ini Dia Langkah Mendesain Contoh Kartu Pelajar Yang Bisa Dilakukan
Jan 2nd, 2019
GENERAL

Contoh kartu pelajar memang seringkali diperlukan untuk membuat desain. Biasanya, ini menjadi tugas dari pihak terkait yang ada di sekolah guna merampungkan pengenalan identitas siswa secara lebih terarah lagi. Dengan demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa ada upaya supaya hasil desain yang dibuat harus menarik dan bisa disukai oleh semua warga sekolah.

Pihak yang bertanggung jawab akan ini tentu saja akan membutuhkan informasi mengenai contoh kartu pelajar yang digunakan oleh sekolah lain baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Jika memilih cara tidak langsung, maka internet akan menjadi sarana ataupun pilihan terbaik untuk melihatnya. Namun setelah mengetahui desainnya, maka yang terpenting adalah cara membuatnya.

Untuk itulah, berikut akan dijelaskan langkah mendesain contoh kartu pelajar dari tahap awal hingga akhir. Dengan demikian, maka bisa dikatakan bahwa usaha untuk membuat kartu pelajar bisa dilakukan secara otodidak tanpa bantuan orang lain ataupun lembaga khusus yang bisa menangani hal tersebut. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang perlu disimak.

Tahapan Membuat Desain Contoh Kartu Pelajar yang Benar


Persiapkan Software Untuk Membuat Kartu Pelajar

Nah, cara pertama yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan software yang akan digunakan untuk membuat desain kartu pelajar yang diinginkan. Sebenarnya, bisa juga menggunakan software seperti photoshop ataupun coreldraw. Namun, agar lebih praktis, maka menggunakan software khusus yang diperuntukkan untuk desain kartu pelajar, tentu akan lebih mempermudah pekerjaan yang akan dilakukan.

Jangan Lupa untuk Menyediakan kertas PVC

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk menyediakan yang namanya kertas PVC. Adapun pemilihan kertas ini dilakukan supaya desain contoh kartu pelajar yang dihasilkan bisa berkualitas baik seperti ATM. Perlu diketahui bahwa kertas PVC ini terdiri dari tiga lapisan yang tidak lain adalah lapisan atas, tengah dan juga bawah.

Sediakanlah  Printer Biasa yang penting Bisa Berwarna

Berikutnya adalah menyediakan printer. Ingat, bahwa printer yang digunakan harus warna. Jika selama ini berpikir bahwa printer yang digunakan harus yang khusus, maka disini tetap bisa menggunakan printer biasa, namun dengan syarat harus berwarna. Sebelum melakukan pencetakan, maka pastikan terlebih dahulu bahwa kertas PVC sudah diberi lapisan selaput tipis. Tujuannya supaya tidak terkelupas.

Saat mencetak mencetak kartu menggunakan kertas PVC ini, maka yang digunakan saat mencetak ialah  lapisan yang atas dan juga lapisan yang bawah. Contoh kartu pelajar pun biasanya menerapkan hal demikian. Kemudian, ketika  mencetak haruslah di bagian Mirror Image / model terbalik .

Sebab setelah di cetak, contoh kartu pelajar akan melalui proses penempelan kertas menjadi satu yakni pada  bagian atas yang di tempelkan pada bagian tengah, dan bagian yang bawah di tempelkan pada bagian tengah kemudian dilaminasi

Sediakanlah Mesin Pemanas

Mesin ini juga sering disebut dengan mesin laminating. Hal ini diperlukan sesaat setelah selesai cetak di mirror image. Gabungkan lapisan paling atas, tengah dan juga bawah menjadi satu dan kemudian di tekan atau press ke dalam mesin laminating. Tentu saja hal ini bertujuan supaya kertas PVC yang digabungkan bisa melekat dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Sediakan  Juga Mesin Pemotong

Tentu saja tahapan tidak sampai pada proses pemanasan. Perlu disesuaikan dengan ukuran contoh kartu pelajar yang ada Potonglah kartu pelajar dengan menggunakan mesin pemotong khusus ID card. Alasan ia dipotong ialah karena pada umumnya, ukuran kertasnya adalah A4 dan itu sudah tentu terlalu besar. Biasanya, satu lembar bisa digunakan untuk sepuluh kartu pelajar.

Nah, bicara soal contoh kartu pelajar tidak lengkap jika tidak membahas tentang solusi untuk sistem identifikasi otomatis yang tentu saja masih terkait dengan ini. Nah, untuk itu pilihan tepatnya ada di PT ION Indotek. Solusi lengkap sistem Identifikasi otomatis yang efektif serta efisien ada disini. Produk terlengkap juga bisa ditemukan disini. Simak selengkapnya disini.