NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Ini Beberapa Bagian Penting dan Ukuran Kartu ATM yang Patut Diketahui
Dec 16th, 2018
GENERAL

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kartu ATM. Kartu ini dibutuhkan untuk melakukan penarikan tunai dari rekening tabungan Anda. Penarikan dengan kartu ATM bisa dilakukan di mesin ATM. Walaupun Anda sudah sering menggunakan ATM Anda mungkin belum mengerti tentang ukuran kartu ATM dan bagian penting dari kartu ini. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya berikut ini.

Standar Ukuran Kartu ATM


Pentingnya Adanya Standar Ukuran Kartu ATM

Berbeda dengan ukuran kartu pada umumnya. Kartu ATM memerlukan pengukuran yang tepat supaya dapat digunakan dalam mesin ATM. Standar ukuran kartu diberlakukan di semua negara. Ukuran ATM di standar agar mudah disimpan dan bisa dideteksi mesin ATM. Selain dari ukuran kartu ATM, ketebalan dari kartu juga menjadi salah satu hal yang penting.

Ukuran dari Kartu ATM

Ukuran dari kartu ATM adalah 85,60x53,98 mm, dengan radius 2,88-3,48 mm. Sudut pada kartu ATM dibuat membulat. Ukuran ini tidak saja di pakai sebagai ukuran kartu ATM, tapi juga digunakan untuk kartu kredit. Di beberapa negara ukuran ini juga diterapkan untuk jenis kartu untuk keanggotaan, kartu identitas, kartu untuk transportasi umum, dan lain sebagainya.

Bagian-Bagian yang Penting Dalam Kartu ATM Secara Fisik

Adanya Nomor Kartu Pada Bagian Depan Kartu ATM

Setelah sebelumnya membahas tentang ukuran kartu ATM, kali ini Anda akan memahami bagian penting dari kartu ATM. Jika Anda lihat pada tampilan depan kartu ATM terdapat deretan angka yang sebanyak 16 digit. Nomor tersebut merupakan nomor yang digunakan untuk identifikasi.

Setiap bagian digit pada nomor kartu merupakan suatu pengkodean yang memiliki suatu arti. Digit yang ada di depan nomor kartu adalah kode jaringan kartu. 5 digit selanjutnya dari gigit yang pertama merupakan nomor kode bank yang menerbitkan kartu. 9 digit setelahnya adalah nomor untuk penanda pemilik kartu. Nomor ini sebaiknya Anda jaga karena bisa saja disalahgunakan.

Chip Dalam Kartu ATM

Kartu ATM sudah menggunakan suatu chip pintar. Kegunaan utama dari chip ini adalah untuk mengamankan transaksi. Penggunaan chip ini dapat menghindarkan pemilik kartu dari tindak kejahatan seperti skimming.

Magnetic Stripe

Walaupun ATM sudah dilengkapi dengan chip, beberapa bank masih menggunakan magnetic stripe pada ATM yang diterbitkannya. Magnetic stripe ini berfungsi untuk menyimpan data kartu dan pengguna. Data yang tersimpan dalam magnetic stripe dapat berupa nomor kartu, nama, tanggal kedaluwarsa, dan lain-lain. Penggunaan chip pada ATM tergolong lebih aman dibandingkan magnetic strip.

Tanggal Kedaluwarsa

Pada bagian depan kartu tercantum tanggal kedaluwarsa. Pengguna sebaiknya memperhatikan tanggal kedaluwarsa ini sehingga tahu waktu untuk melakukan penggantian kartu ke bank. Sebab, kartu yang sudah kedaluwarsa tidak akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Hologram

Pada kartu ATM juga terdapat hologram. Hologram ini akan jadi penanda bahwa kartu tersebut asli dan valid untuk digunakan. Hologram ini dapat pula menjadi pengaman bagi kartu ATM, sehingga kartu ATM Anda akan sulit untuk dipalsukan.

Kartu ATM harus menggunakan suatu standar ukuran. Adanya ukuran kartu ATM akan mendukung fungsi kartu untuk digunakan dalam mesin ATM. Terdapat bagian penting dalam kartu ATM yang setiap bagiannya memiliki fungsi tersendiri. Bagian penting yang dimaksud adalah hologram, nomor identifikasi, chip, dan lain sebagainya. Anda sebaiknya memahami bagian tersebut agar lebih tahu fungsi-fungsinya.

Pembuatan kartu ATM membutuhkan teknologi AIDC. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat berbagai informasi mengenai teknologi AIDC serta produk yang terkait dengan teknologi ini disini, jika tertarik untuk memesan produk silahkan hubungi kontak yang tertera.