NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Gini Lho Cara Membuat Barcode Sendiri Gampang Dan Cepat
Dec 6th, 2018
AIDC

Sebagai kaum millennial, Anda tentunya tidak asing dengan keberadaan barcode. Barcode adalah sekumpulan data optik mengandung informasi sebagai simbol atau kode batang yang dibaca dengan mesin. Barcode dapat Anda temukan di berbagai properti atau barang yang dipasarkan di masyarakat. Cara membuat barcode umumnya dibagi 2, yaitu offline dan online.

Anda bisa membuat barcode sendiri untuk barang atau properti Anda dengan menggunakan beragam aplikasi pembuat barcode online maupun offline, contohnya aplikasi Ms. Excel dan aplikasi Android. Berikut ini langkah atau cara membuat barcode sendiri menggunakan Ms. Excel dan daftar aplikasi Android pembuat barcode mudah yang bisa Anda gunakan.

Cara Membuat Barcode Menggunakan Ms. Excel


Siapkan File Barcode

Anda bisa mengunjungi link IDautomation.com dan pilih menu “Font Tools” di halaman homepage. Langkah selanjutnya adalah mencari menu “Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access, and Word”.

Setelah menemukan file, langkah selanjutnya adalah klik tombol merah bertuliskan download. Simpan file yang telah diunduh ke komputer lalu buka file dengan nama “Barcodefuctions.zip” untuk di ekstrak ke dalam komputer Anda.    

Buka Aplikasi Microsoft Excel

Cara membuat Barcode dengan menggunakan Ms. Excel yaitu memilih menu “Tools” di toolbar atas dan cari menu “Macro” lalu pilih “Visual Basic Editor”. Langkah selanjutnya adalah klik menu “File” di toolbar atas dan cari serta pilih menu “Import File”.

Langkah selanjutnya adalah membuka browser untuk mengarahkan Anda ke ID automation yang telah diunduh. Carilah file makro bertuliskan “IDautomation.bas” lalu bukalah browser. Setelah itu, file tersebut akan ditambahkan di folder modules yang berada di Excel.

Membuat Barcode Dengan Mengisi Workbook Excel

Setelah Anda keluar dari Editor Visual Basic, masuk kembali ke workbook Ms. Excel yang kosong. Anda dapat menguji barcode dengan mengetik nomor di sel A1. Di sel workbook sebelahnya, Anda bisa mengetik fungsi barcode yaitu “=Code128(A1) di sel B2 lalu tekanlah enter.

Setelah Anda selesai memberikan data, pilihlah sel B2 lalu masuk ke pilihan “Font” dan carilah ID automation font dan pilihlah salah satunya. Hasil akhir barcode Anda akan ditampilkan pada sel B2.

Cara Membuat Barcode Menggunakan Aplikasi Android

Barcode Generator

Aplikasi pembuat barcode yang dikembangkan oleh AIEOU ini sangat mudah didapatkan dan digunakan. Cara membuat barcode menggunakan aplikasi ini yaitu dengan cara memilih 11 jenis kode barcode yang disediakan di aplikasi Barcode Generator, mulai dari QR code hingga barcode yang umumnya Anda temukan di produk-produk supermarket.

Barcode Architect

Cara membuat barcode menggunakan aplikasi Android lainnya yaitu Barcode Architect. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Simon Boylen. Anda dapat membuat Barcode 1D dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi ini.

Selain memiliki fitur yang cukup lengkap, Barcode Architect juga tersedia dengan format barcode UPC-A, UPC-E, EAN, ISBN, dan masih banyak lagi. Anda bisa langsung mengirim melalui email atau menyimpannya dengan berbagai macam format yang disediakan.

Barcode Generator – Hamsoft Uganda

Selain perusahaan Simon Boylen, developer Hamsoft Uganda juga meluncurkan aplikasi pembuat barcode. Cara membuat barcode menggunakan aplikasi ini yaitu Anda hanya perlu memasukan kode yang ingin dibuat sebagai barcode dan mengatur lebar serta tinggi batang. Anda bisa langsung menyimpan dan menggunakannya.

Nah, penjelasan mengenai aplikasi pembuat barcode diatas mudah, bukan? Anda juga bisa menggunakan jasa yang bergerak di bidang Automatic Identification and Data Capture (AIDC) untuk dapatkan kualitas barcode standar international. Kunjungi PT. ION INDOTEK atau laman PT. ION INDOTEK  untuk mendapatkan pelayanan mengenai cara membuat barcode profesional.