NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Ciri-ciri dan Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar
Feb 15th, 2019
AIDC

Ukuran Kartu ATM sendiri memiliki standarnya tersendiri. Biasanya memiliki acuan tersendiri sebelum kartu dicetak. Selain itu jika dilihat, kartu ATM ini memiliki ukuran yang sama. Baik pada bank negeri maupun bank swasta.

Saat ini penggunaan ATM juga semakin mempermudah seseorang untuk mengambil uang. Masyarakat tidak perlu antre lama di bank dan mengambil uang lebih cepat. Apalagi saat ini zaman sudah semakin canggih, penggunaan ATM menjadi hal yang dianggap sangat penting.

Berikut Ukuran Kartu ATM yang Sesuai Standar


Ukuran ATM di Indonesia

Untuk ukuran kartu atm di Indonesia sendiri sama dengan bank negeri dan bank swasta. Tapi Anda juga perlu mengetahui, ukuran kartu atm di Indonesia yang sudah sesuai standar ISO.

Kartu atm ini memiliki ukuran yang berbeda dengan yang dipakai di luar negeri dengan beberapa kartu lain. Jika dilihat dari standar ISO di Indonesia, ukurannya sebesar 85.60 mm x 53.98 mm. Dari ukuran tersebut, termasuk paling banyak digunakan. Selain ukuran kartu ATM, Anda juga perlu mengetahui ketebalan pada masing-masing kartu ATM. Karena biasanya memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Mengenal Kartu ATM

Jika berbicara tentang kartu ATM, sebagian besar pasti akan mengetahui tentang kemudahan bertransaksi keuangan. Awalnya kartu Atm ini hanya digunakan untuk melakukan pinjaman dengan cepat, tapi dengan berkembangnya zaman.

Maka kegunaannya juga akan bertambah dan bagi mereka yang suka menabung maka memiliki kartu ATM akan sangat menguntungkan. Sedangkan untuk fungsinya sendiri cukup banyak.

Mulai dari kartunya yang memang multifungsi, sesuai ukuran kartu ATM bisa dipakai untuk menyetor uang tunai ke rekening tabungan sampi melakukan pengiriman uang. Pengiriman juga dapat dilakukan pada bank yang sama atau bank berbeda. Bisa juga digunakan untuk membayar berbagai fitur tagihan secara teratur. Baik pembayaran telepon, TV berbayar, internet, asuransi dan yang lainnya.

Ciri-ciri Kartu ATM Sesuai Standar

ATM Anti Skimming

Saat ini modus pembobolan rekening nasabah melalui ATM dilakukan dengan mencuri data elektronik pada kartu ATM nasabah terlebih dahulu. Para pelaku akan menempelkan sebuah alat di mulut slot yang ada di mesin ATM. Oleh karena itu ukuran kartu ATM juga sangat diperlukan.

Pencurian tersebut juga dikenal dengan istilah skimming dan merupakan gaya lama. Sedangkan saat ini sudah ada sebagian mesin yang memiliki alat anti-skimming. Pertama berbentuk fisik yang ada pada mulut slot kartu dan ada yang berbentuk aplikasi. Alat ini berfungsi untuk menghalangi pencuri supaya tidak dapat memasang skimmer. Sedangkan secara aplikatif, biasanya akan dipasangi aplikasi jitter.

Ciri-ciri Lainnya

Biasanya untuk masing-masing kartu ATM sendiri memiliki ciri-ciri yang beragam dari masing-masing bank. Tapi ada juga ciri lainnya yang memiliki kesamaan dengan adanya nomor PIN atm sebanyak 6 digit. Ada juga tulisan 10 tahun sebagai masa penggunaan dan masa digunakan untuk digunakan setelah Anda menerima kartu ATM serta nomor PIN.

Perbedaan Kartu ATM, Debit dan Kredit

Untuk ATM sesuai ukuran kartu ATM sendiri merupakan kartu terbitan bank yang dapat digunakan untuk mengoperasikan ATM atau automatic teller machine. Pemilik dapat melakukan berbagai transaksi, mulai dari tarik tunai sampai isi ulang pulsa.

Sedangkan kartu debit hanya berbeda sebutan saja dengan kartu ATM. Hal tersebut juga didasarkan dari penggunaan. Dikatakan kartu debit saat digunakan pada mesin EDC. Tapi untuk kartu kredit digunakan untuk mengoperasikan tarik tunai dan transaksi kartu dan ada banyak hal yang dapat membedakannya. Masing-masing juga memiliki ukuran kartu ATM yang beragam.

Ada kalanya usaha anda membutuhkan kartu semacam kartu ATM atau kartu yang berisi chip berisi identitas diri. Anda dapat mencetaknya secara masal jika anda memiliki alat khusus. PT ION Indotek menyediakan alat untuk cetak kartu ini. Anda dapat berkonsultasikannya terlebih dahulu untuk mendapatkan alat yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selainitu, anda juga dapat dibimbing dalam pengoperasian alat pasca pembelian oleh teknisi terpercaya. Hubungi PT ION Indotek disini atau kunjungi websitenya disini.