NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Cari Tahu Tentang Standar Ukuran Kartu ATM Yang Paling Banyak Dipakai
Oct 15th, 2018
AIDC

Jika dilihat-lihat sebenarnya  ukuran kartu ATM baik dari bank  negeri maupun bank swasta memiliki ukuran yang sama. Bagi sebagian besar orang tentu sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama Anjungan Tunai Mandiri atau yang paling dikenal dengan nama ATM ini. Penggunaan ATM dirasa semakin mempermudah seseorang dalam mengambil uang dengan cepat tanpa harus antre di Bank.

Di jaman yang semakin maju dan canggih penggunaan ATM  menjadi salah satu hal yang dianggap sangat penting. Bagaimana tidak, hampir di seluruh tempat umum seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan hingga di pinggir jalan sudah banyak ditemukan mesin ATM yang siap untuk Anda gunakan. Lalu selain menarik uang, apa sebenarnya fungsi ATM itu? Berapa ukuran kartu ATM pada umumnya? 

Mengenal Lebih Dekat Tentang Kartu Anjungan Tunai Mandiri atau ATM




Apa Itu Kartu ATM?


Berbicara tentang kartu ATM sebagian besar orang pasti akan mengingat tentang kemudahan dalam transaksi keuangan. Pada awalnya kartu ATM hanya digunakan untuk melakukan peminjaman uang dengan cepat tanpa harus repot-repot pergi ke Bank. Namun semakin berkembangnya jaman semakin bertambah pula kegunaan dari kartu ini. Bagi Anda yang suka menabung tentu memiliki kartu yang satu ini.

Lalu apa perbedaan kartu ATM dan Kartu Debit? Sebenarnya Kartu ATM dan Kartu Kredit memiliki fungsi atau kegunaan yang sama. Jenis kartu ATM sendiri dapat digunakan untuk melakukan penarikan, setor tunai, dan transfer jika dilakukan pada mesin ATM. Sedangkan jika kartu digunakan pada mesin EDC maka kartu tersebut menjadi kartu Debit yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran non tunai.

Apa Fungsi Kartu ATM?


Seperti yang diketahui kartu ATM merupakan sebuah kartu yang memiliki fungsi yang banyak sekali. Fungsi utama dari kartu ATM yaitu  dipakai untuk melakukan penarikan tunai selama 24 jam. Selain itu kartu multifungsi ini juga bisa dipakai untuk penyetoran uang tunai ke rekening tabungan dan bisa dipakai untuk melakukan pengiriman uang baik bank yang sama maupun bank yang berbeda.

Nah salah satu fitur terbaru dari kartu ATM ini yaitu bisa dipakai untuk membayar berbagai macam tagihan rutin seperti pembayaran tagihan telepon, internet, TV berbayar, asuransi dan masih banyak lagi. Multifungsi sekali, bukan?

Berapa Ukuran Kartu ATM?


Seperti yang diketahui ukuran kartu ATM hampir di semua bank baik negeri maupun swasta memiliki ukuran yang sama. Namun perlu Anda ketahui sebenarnya  ukuran dari kartu ATM yang ada di Indonesia sesuai standar ISO memiliki ukuran yang berbeda dengan ukuran yang sering dipakai di luar negeri untuk beberapa kartu tertentu. Jadi berapa ukuran dari kartu ATM di Indonesia?

Jika dilihat dari standar ISO yang dipakai di Indonesia, ukuran kartu ATM yaitu sebesar 85.60mm x 53.98mm. ukuran tersebut merupakan ukuran  yang paling banyak dipakai untuk pembuatan kartu ATM. Jadi jangan sampai salah ya!

Nah perlu Anda ketahui masing-masing kartu memiliki standar ketebalan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan informasi terkait jasa pembuatan kartu ATM yang sesuai dengan ukuran Kartu ATM standar ISO Anda bisa mempercayakan nya pada PT ION Indotek. 

PT ION Indotek sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang solusi AIDC (Automatic Identification and Data Capture) dengan memanfaatkan teknologi barcode dan RFID yang sudah terbukti kualitasnya. Untuk info selengkapnya cek di http://www.pt-ion.com/ . Itu tadi sedikit informasi tentang kartu ATM, fungsi hingga ukuran kartu ATM nya. Semoga bermanfaat dan membantu!