NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Cara Memutuskan Harga Barcode scanner yang Tepat
Nov 14th, 2018
AIDC

Harga barcode scanner sangat bermacam-macam, hal ini berbeda dengan jenis dan kualitas yang ditawarkan. Keragaman barcode scanner ini tentu didasari atas penggunaannya, karena fungsinya memang untuk meringankan dan memudahkan pekerjaan jual beli, jadi wajar jika sebagian pemilik usaha mulai memanfaatkannya. 

Kemudian, jika Anda salah satu pemilik usaha yang tertarik dengan teknologi ini, maka Anda bisa memilih jenis dan tipenya dengan memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan soal harga.

Panduan Memilih dan Menentukan Harga Barcode scanner




Menentukan Jenis 1D atau 2D


Umumnya, pemilik usaha akan memilih jenis barcode scanner yang 2D karena dapat menyimpan informasi dan data yang lebih banyak dibandingkan barcode scanner jenis 1D. Namun, Anda bisa memutuskan sendiri jenis scanner yang cocok untuk usaha Anda.

Menentukan Waktu Pemakaian


Memilih dan memutuskan harga barcode scanner yang ingin dibeli, diperlukan juga perkiraan panjang waktu pemakaiannya nanti. Misalnya, jika scanner ini akan digunakan sepanjang hari di depan kasir yang ramai pengunjung, atau sekedar digunakan untuk pengecekan barang di gudang, maka jenis scanner-nya pun akan berbeda, karena tidak semua scanner cocok untuk semua pekerjaan.

Menentukan Model yang Akan Digunakan


Beberapa model dan harga barcode scanner sangat beragam di pasaran, misalnya yang biasa di dudukan di meja atau dipegang, dan ada juga jenis yang memiliki kabel atau tidak memiliki kabel. 

Untuk menentukan model ini, maka Anda perlu menentukan jenis penggunaannya terlebih dahulu. Jika tidak, maka Anda perlu secara bijak menggunakannya karena tidak semua jenis scanner nyaman dipakai untuk semua pekerjaan.

Model-Model untuk Memilih Harga Barcode scanner


1. Barcode scanner Desktop, merupakan jenis barcode scanner yang kerap dijumpai di depan mesin kasir. Alat ini bisa mengenali produk dengan membaca label pada kemasannya. Cara kerjanya yaitu Anda harus menekan tombol pada scanner saat alat melakukan scanning.

2. Barcode scanner dengan Stand, merupakan jenis scanner yang bisa didudukkan. Penggunaan dudukan ini akan lebih memudahkan pekerjaan jika dilengkapi dengan fitur auto scanning, karena pengguna hanya perlu meletakan barang di bawah scanner tanpa perlu menekan tombol.

3. Barcode scanner Omni Directional, merupakan  pengembangan barcode scanner dekstop yang dilengkapi dengan stand. Scanner ini bisa didudukkan dan Anda hanya perlu meletakan barang di bawahnya secara tepat.

4. Barcode scanner in-Counter, merupakan tipe yang serupa dengan barcode scanner omni, namun perbedaannya terletak di cara peletakan. Scanner ini bisa diletakkan di dalam meja kasir dan menghadap ke atas, sehingga barang hanya perlu dilewatkan di atasnya.

5. Barcode scanner Wireless, merupakan jenis scanner yang menggunakan teknologi Frekuensi Radio atau Bluetooth dan tanpa kabel. Sehingga bisa dibawa ke mana saja asalkan masih dalam radius tertentu.

6. Barcode scanner untuk Industri, merupakan jenis scanner biasa tetapi dibuat khusus dengan ketahanan yang hebat. Hal ini karena di industri, kecenderungan barang rusak akibat tertindih, jatuh atau tertimpa sangat besar.

Menentukan Harga, Garansi dan Kualitas


Sekarang telah sampai ke tahap memutuskan harga barcode scanner yang bagus untuk dibeli. Di tahap ini, Anda perlu berhati-hati karena ada banyak merek dan jenis barcode scanner yang menawarkan harga beragam. 

Tidak jarang juga jika mereka menawarkan harga murah untuk barcode yang tidak berkualitas, dan lebih buruk lagi jika mereka menawarkan harga tinggi namun kualitasnya pun sama buruknya dengan yang harga murah.

Demi mengatasi persoalan ini, maka alangkah baiknya jika Anda mencari referensi dan membandingkan harga barcode scanner satu dengan lainnya sebelum mulai menawar. Selain itu, perhatikan pula garansi yang diberikan, karena hal ini juga bisa menentukan kualitas produk.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda bisa berkonsultasi mengenai jenis dan harga barcode scanner ke perusahaan kami, yaitu PT ION Indotek yang bergerak dibidang Automatic Identification and Data Capture yang menerapkan teknologi barcode untuk mendukung pelayanan pra dan pasca penjualan.