NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Apa Keuntungan Penggunaan Kode Barcode? Simak Pembahasannya di Sini
Dec 19th, 2018
AIDC

Kode barcode banyak ditemui di pusat perbelanjaan ataupun pada kemasan produk. Beberapa orang mungkin belum paham betul mengenai penggunaan barcode ini. Kode ini akan sangat berguna untuk memberi pelabelan hingga menyimpan beberapa jenis informasi. Lalu apa saja keuntungan penggunaan barcode? Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya

Keuntungan yang Didapat dengan Pemakaian Kode Barcode dalam Bisnis


Keakuratan Data

Ketika kode barcode belum banyak dikenal, banyak bisnis yang masih menggunakan sistem manual untuk memasukkan informasi dan mendata produk. Penambahan dan pengurangan produk di hitung dan di data secara manual sehingga rentan terjadi kesalahan. Kebanyakan kesalahan karena pendataan hanya mengandalkan sumber daya manusia tanpa bantuan alat yang efektif.

Teknologi barcode membantu dalam memberi label serta mendata informasi produk secara akurat. Teknologi ini dapat mengurangi kesalahan pendataan dan meningkatkan akurasi data dengan efisien. Oleh karena itu, teknologi ini kini banyak digunakan oleh para pebisnis.

Lebih Cepat

Proses pendataan secara manual akan memakan lebih banyak waktu. Ini tentu menghambat proses kerja dalam bisnis. Penggunaan kode barcode akan mempercepat proses mendata barang, pekerja bisa mendata beberapa jenis barang hanya dalam hitungan menit. Pemakaian barcode akan menghemat lebih banyak waktu sehingga produktivitas pekerja makin meningkat.

Pengontrolan Penyimpanan Barang

Kode Barcode dalam produk akan mempermudah perhitungan jumlah barang. Data jumlah barang bisa lebih rinci karena perhitungan arus barang dapat teridentifikasi. Tanpa adanya barcode maka perhitungan barang di gudang menjadi tidak terpantau. Hal ini bisa menimbulkan permasalahan dalam bisnis. Jika barang gudang tidak terpantau jumlahnya maka stok yang habis dan kebutuhan barang baru akan sulit untuk diketahui.

Mudah Digunakan

Penggunaan teknologi baru dalam bisnis biasanya membutuhkan pelatihan khusus untuk karyawan. Hal ini bisa dikurangi karena teknologi barcode termasuk mudah digunakan. Apalagi jika pemilik bisnis sudah memiliki peralatan pembaca kode barcode dan teknologi pendukung yang memadai. Pemilik tidak akan repot mengajarkan karena penggunaan teknologi dan peralatan tersebut sangat mudah dipelajari.

Biaya Terjangkau

Penggunaan barcode serta peralatan pendukungnya tidak akan memakan biaya besar. Beberapa peralatan barcode yang utama harganya cukup murah. Selain itu, bisa digunakan dalam jangka panjang. Jadi para pebisnis tidak perlu pusing akan jumlah biaya jika ingin menggunakan teknologi ini, karena sangat terjangkau.

Contoh Penggunaan Barcode dalam Berbagai Keperluan Identifikasi

Bidang Bisnis Retail

Barcode banyak ditemui dalam bidang bisnis ini. Hal ini karena bisnis ini membutuhkan sistem identifikasi dan pendataan yang selalu membutuhkan keakuratan dan kecepatan. Jenis barcode UPC merupakan jenis yang paling sering digunakan dalam produk yang dijual dalam bisnis retail seperti supermarket.

Barcode untuk Pengepakan

Barcode untuk keperluan ini biasanya banyak dibutuhkan dalam bisnis pengiriman barang. Barcode akan menjadi label penanda yang sangat penting dalam pengemasan produk yang akan di kirim. Barcode yang digunakan bisanya berjenis ITF.

Bidang Penerbitan

Barcode juga banyak dipakai dalam produk buku dari suatu penerbit. Barcode akan sangat berguna untuk proses identifikasi informasi buku yang diterbitkan. Sebagai contoh barcode yang berisi informasi ISSN buku.

Bidang Farmasi

Produk obat ada banyak macam dan mereknya. Untuk memudahkan biasanya barcode dipakai untuk mengidentifikasi obat yang diproduksi atau dijual. Jenis barcode yang dipakai kebanyakan adalah jenis HIBC.

Kode barcode sangat berguna dalam bisnis. Keuntungan dengan penggunaan barcode adalah keakuratan data, biaya yang terjangkau, mudah digunakan dan lain sebagainya. Barcode banyak di pakai di bidang penerbitan, retail, pengiriman barang, dan bidang lainnya.

PT ION Indotek menggeluti bidang AIDC sebagai bidang utamanya, termasuk teknologi barcode. Perusahaan ini punya banyak produk AIDC yang canggih dan menyediakan layanan yang prima bagi konsumennya. Tertarik? Kunjungi situs kami dan hubungi kontak yang tertera untuk informasi dan pemesanan produk.