NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

Apa Itu Pencetakan Sublimasi Dye
Jul 25th, 2018
GENERAL

Pencetakan sublimasi pewarna dipilih untuk hasil fotografi berkualitas tinggi. Proses pencetakan menggunakan transfer termal untuk mengangkut berbagai warna pigmen pewarna dari pita pembawa, atau film, ke permukaan pencetakan PVC yang ikatan pewarna secara kimia.


Di beberapa negara, sublimasi pewarna juga dikenal sebagai pencetakan "pewarna difusi".

Di dalam printer dye-sublimation adalah gulungan film transparan dengan serangkaian mengulangi kuning (Y), magenta (M), cyan (C), hitam (K), dan jelas (O) panel. Panel YMC mengandung pewarna termal sensitif yang sesuai dengan tiga warna dasar yang digunakan dalam pencetakan subtraktif. Dengan menggabungkan berbagai jumlah pewarna ini, setiap warna dalam spektrum dapat dibuat, dari putih (tidak ada pewarna yang ditransfer pada kartu putih) menjadi hitam (transfer penuh masing-masing dari tiga pewarna).


Panel hitam dan jelas juga digunakan dalam proses pencetakan termal ini, tetapi mereka beroperasi dengan cara yang berbeda yang disebut "transfer massa" di mana semua bahan (dalam hal ini resin plastik daripada pewarna) ditransfer setelah pita pembawa mencapai suhu transfer yang dibutuhkan. Resin hitam digunakan untuk menerapkan teks hitam tebal dan barcode di atas gambar warna YMC, dan panel yang jernih digunakan untuk memasang lapisan pelindung di seluruh gambar yang dicetak.

Proses pencetakan termal menggunakan printhead dengan ratusan elemen pemanas individu (biasanya 300 per inci) yang masing-masing dapat dikontrol secara terpisah oleh perangkat lunak untuk mentransfer berbagai jumlah pewarna YMC dan semua atau tidak ada panel hitam (K) dan yang jelas. (O) panel sebagai panel yang sesuai lewat di bawahnya.

Dalam kasus panel YMC, suhu masing-masing elemen menyebabkan jumlah pewarna yang berbeda-beda menjadi vapourisasi dan merembes ke permukaan kartu PVC mengkilap di mana ia membentuk ikatan dengan molekul plastik.

Ini adalah bagian "sublimasi". Sublimasi berarti memanaskan sesuatu dan mengubahnya menjadi uap tanpa melalui fase cair. Karena pigmen berubah dari padat ke gas, dan kembali ke padat, ada sedikit kekacauan dibandingkan dengan pencetakan inkjet yang menggunakan fase cair sebagai bagian dari proses transfer.

Karena cara pewarna vapourised menembus permukaan kartu, gradasi lembut di tepi setiap piksel dibuat, bukan batas mencolok antara warna dan substrat yang dihasilkan oleh inkjets. Juga, karena warna menanam dan mengikat dengan bahan kartu, itu kurang rentan terhadap memudar dan distorsi dari waktu ke waktu.

Pencetakan retransfer adalah variasi sublimasi pewarna yang mencetak gambar warna ke substrat yang jelas sebelum melapiskannya ke permukaan PVC. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang keuntungan dari proses ini, di sini.