NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

7 Hal Wajib Yang Harus Ada Di Dalam Membuat Contoh Stiker Makanan, Agar Produk Bisa Tembus Ke Pasaran
Dec 13th, 2018
GENERAL

Meskipun hanya sebagai contoh, pembuatan contoh stiker makanan tidak boleh sembarangan. Harus tetap memperhatikan hal-hal wajib dan mendasar yang harus dimiliki stiker makanan. Stiker makanan pada saat ini sangat penting untuk sebuah produk olahan, karena berisi informasi mengenai produk tersebut.

Sebuah stiker makanan harus berisi informasi detail mengenai produk tersebut. Selain itu informasi yang diberikan juga harus sesuai fakta yang ada. Lantas apa sajakah informasi wajib yang harus ada di sebuah stiker  makanan? Yuk simak informasi berikut ini.

Hal Wajib Yang Harus Dimiliki Contoh Stiker Makanan


Nama Produk

Pepatah “tak kenal maka tak sayang” juga berlaku untuk produk. Jika sebuah produk tidak memiliki nama, bagaimana orang akan mengenalnya. Untuk itu sebuah contoh stiker makanan harus mencantumkan nama produk pangan tersebut. Dengan begitu orang akan lebih mudah mengetahui produk yang Anda miliki. Bahasa gaul dari nama produk adalah brand/ merek.

Bahan Baku

Selain nama, dalam pembuatan stiker makanan juga harus mencantumkan bahan baku yang digunakan, dengan begitu konsumen akan tahu produk makanan tersebut terbuat dari apa. Urutan informasi bahan baku dimulai dengan bahan baku dengan persentase penggunaan terbanyak hingga terendah. Jangan pernah berbohong, jika menggunakan pengawet atau pewarna juga dicantumkan.

Berat Bersih

Berat bersih juga harus Anda cantumkan dalam membuat contoh stiker makanan. Berat bersih merupakan berat semua isi makanan pada kemasan tersebut. Berat bersih hanya berat makanan tidak ditambah berat kemasan. Untuk berat bersih biasanya menggunakan satuan gram, liter, meter dan lain sebagainya.

Nama Dan Alamat Produsen

Jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat produsen/ pabrik, ini adalah hal wajib yang harus diperhatikan saat membuat stiker makanan. Kode pos dan nama kota berada di bagian utama kemasan sedangkan nama beserta alamat perusahaan di bagian deskripsi. Dengan adanya informasi ini konsumen lebih percaya dengan produk pangan Anda.

Tanggal Kedaluwarsa

Sebagai produk olahan jangan lupa untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa. Letak tanggal kadaluwarsa berada di bagian depan contoh stiker makanan. Tanggal ini sangat penting, karena sebuah makanan jika sudah lewat tanggal kadaluwarsa bisa berbahaya bahkan sangat fatal. Untuk itu hal ini sangat penting.

Nomor Pendaftaran

Tentunya Anda ingin produk makanan tersebut bisa beredar lebih menyeluruh ke pasaran, untuk itu perlu adanya nomor pendaftaran. Jangan lupa untuk mencantumkannya di stiker makanan. Nomor pendaftaran ini memberitahukan konsumen bahwa produk tersebut sudah terdaftar di badan pangan dan dijamin mutunya.

Barcode

Selain tanggal kadaluwarsa, dalam pembuatan contoh stiker makanan juga harus mencantumkan barcode. Barcode ini berisi banyak informasi mengenai produk ataupun perusahaan yang dikemas dengan kode batang. Barcode ini membuat stiker makanan lebih rapi karena informasi tertata rapi di dalamnya.

Dari banyaknya hal wajib yang harus diperhatikan dalam membuat stiker makanan, salah satu yang masih sering dibingungkan para pengusaha adalah barcode. Banyak pengusaha yang bingung cara membuat barcode. Untuk mengatasi hal itu tidak perlu khawatir saat ini.

Hubungi saja kami PT ION INDOTEK disini. Selain bisa berkonsultasi mengenai cara membuat stiker makanan hingga code batang, kami juga menjual alat pembuat barcode dan barcode scanner. Di sini kami menjual aneka macam barcode scanner sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk membeli barcode scanner yang akan digunakan dalam membuat contoh stiker makanan silahkan akses website berikut ini.