NEWS & EVENTS

The science of today is the technology of tomorrow

5 Sistem Pembayaran Unik dan Kreatif yang Perlu Kamu Tahu
Feb 6th, 2019
POS

Seiring berjalannya teknologi yang terus berkembang, kini setiap pekerjaan menjadi lebih mudah. Bahkan saat ini untuk metode pembayaran saja sudah bermacam-macam. Ada yang tanpa bertemu pun sudah bisa melakukan pembayaran. Sebagai orang yang tidak mau ketinggalan zaman, kamu perlu tau apa saja sistem pembayaran yang mendunia.

Dengan mengetahui berbagai sistem pembayaran yang ada, kamu tidak akan kudet ketika berada dimanapun. Lalu apa saja jenis-jenis pembayaran tersebut? untuk informasi lebih lengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Berbagai Layanan Sistem Pembayaran Unik


Smile to Pay

Jika diartikan, kita sebagai orang Indonesia pasti akan tertawa. Bagaimana tidak smile to pay yang artinya senyum untuk membayar. Lagi-lagi dunia teknologi memang selalu memunculkan karya terbaru dan unik. Bagaimana bisa membayar sesuatu hanya dengan tersenyum? Eits, jangan salah paham terlebih dahulu. Sistem pembayaran ini berada di restoran asal Amerika Serikat yang berada di Tiongkok.

Cara kerjanya yaitu dengan pengenalan wajah. Hal ini bertujuan agar menghindari pemalsuan atau penipuan identitas. Wajah yang telah dideteksi ini kemudian akan dipindai melalui alat pemindaian wajah untuk kemudian dikombinasikan menggunakan kamera 3D dan pendeteksi algoritma. Setelah itu restoran akan mengkonfirmasi ke nomor ponsel pelanggan.

Membayar dengan Scan Code

Masih tentang metode pembayaran yang unik. Lagi-lagi masih di negara China, yang menggunakan metode pembayaran dengan konsep operasional. Sebagai contohnya yaitu pembayaran di restoran pengusaha terkenal yaitu Jack Ma yang menyediakan pelayanan seperti tidak ada pelayanan. Bagaimana tidak, semua pelanggan bebas memilih makanan dan pesanan hanya akan dideteksi menggunakan layar speech atau pengenalan suara.

Untuk bisa masuk ke dalam restoran ini, pelanggan harus menggunakan pemindaian kode QR terlebih dahulu pada aplikasi yang dipasang di pintu. Jika sudah terdeteksi maka pelanggan akan diikuti oleh kamera yang berfungsi untuk memonitor konsumen. Sistem pembayaran akan dilakukan secara otomatis menggunakan ponsel pelanggan saat pelanggan sudah melakukan check out melalui pintu.

Venmo

Sistem pembayaran selanjutnya yaitu menggunakan pembayaran online. Venmo memiliki tampilan seperti tampilan timeline biasa pada jejaring media sosial. Venmo menjadi sarana transaksi pengiriman dan penerimaan uang, selain itu melalui aplikasi Venmo, pengguna juga bisa melakukan komentar atau memberikan saran kepada pengguna lain yang sama-sama menggunakan Venmo.

Skrill

Masih membahas tentang sistem pembayaran media online. Skrill juga merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk transaksi secara online, mengirim uang, menerima uang, hingga berbelanja secara online. Skrill memiliki biaya yang cukup ekonomis bagi masyarakat Indonesia, terlebih aplikasi ini juga sudah mencakup banyak negara, diantaranya yaitu mencakup 200 negara dan Indonesia adalah salah satunya.

Amazon Payment

Amazon payment sebenarnya merupakan situs perusahaan e-commerce yang berpusat di Amerika Serikat. Amazon Payment ini bisa digunakan sebagai sistem pembayaran terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memiliki peran besar dalam perdagangan dunia dan memiliki layanan pembayaran online. Pengguna jasa ini bisa melakukan pembelian bahkan hingga ribuan situs dengan sangat mudah.

Membahas mengenai sistem pembayaran. Salah satu perusahan yang meyediakan sistem Point Of Sale yaitu PT Ion Indotek. Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli dengan customer dengan adanya sistem ini. Hal ini menjadi solusi untuk meningkatkan usahamu. Cek info selanjutnya disini;  Atau hubungi PT Ion Indotek disini.